ACCOUNT OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM

ACCOUNT OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM


A.     LATAR BELAKANG
Perbankan sering dikaitkan sebagai bidang industri yang mampu menjamin kemakmuran bagi siapa saja yang bekerja di dalamnya. Terlebih lagi jika bank tersebut merupakan bank papan atas yang sudah mempunyai kredibilitas tinggi di masyarakat. Selain pendapatan dengan jumlah cukup besar, nama besar bank juga memberikan prestise tersendiri bagi karyawannya. Tak mengherankan jika antrian panjang sering terlihat di stand perusahaan perbankan pada tiap penyelenggaraan job fair atau perekrutan calon karyawan.
Salah satu posisi jabatan di perbankan yang cukup banyak diminati adalah account officer. Pada posisi ini, karyawan biasanya akan berhubungan langsung dengan para calon nasabah dan nasabah bank yang akan mengalokasikan sejumlah dananya pada bank tersebut.  Banyaksekalidijumpai, nasabahsebetulnyahanyatahubahwadiaperlupinjaman, tapibelumjelasberapadanuntukapa. Disinidiperlukankeahlianseorang AO untukmelakukan probing, agar kebutuhanpinjamanmemangsesuaidengankeperluannasabah (adaunsurtepatwaktu, tepatjumlah, dantepatsasaran).
Menggalakkankemampuan AO agar berkualitasmerupakankebutuhan Bank, agar dapatmenyalurkanpinjamansesuaisasaran, serta di lihatdarisisidebitur (nasabah) pinjamantadidapatmeningkatkanusahanya, sertameningkatkanpenyerapantenagakerja. Pembinaanterhadapnasabah, dapatdimulaidarinasabahkecil, yang secarapastiakanmeningkatkemampuanusahanya, danjugameningkatjumlahpinjamannya, danpadasaatnasabahmenjadibesarmakaakanterjalinhubungantimbalbalik yang positifantara Bank dannasabah, sertadiperolehnasabah-nasabah yang loyal bagi Bank tersebut.
Account Officer Development Programmerupakan program pelatihan yang dapat diupayakan oleh manajemenuntukdapat menghasilkan Account Officer / Marketing yang handal dan berkualitas.Oleh karenanya, pemahaman yang komprehensif akan pentingnya peran dan fungsi Account Officerperbankan menjadi keharusan bagi para pelaku perbankan itu sendiri.
ConversaIndotama Consultant sebagailembagaberbadanhukumyang kompetendanindependenberupayamemberikankonsep-konsepdanpemahamanterkait. Oleh karena itu dengan kapasitas yang dimiliki oleh Conversa Indotama dalam hal penyedia jasa training, kamibermaksudmenawarkankerjasamamelaluikegiatanpelatihan dengan temaAccount Officer Development Program.

B.   BENTUK KEGIATAN
Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 3 hari.

C.      TUJUAN PELATIHAN
1.      Memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta terkait prinsip-prinsip pengelolaan karwayan pada posisi Account Officer serta tugas dan fungsi AO dalam perusahaan perbankan.
2.      Menguasa ikemampuan marketing dan analisis kredit, termasuk dalam melakukan perhitungan tingkat resiko dan pengembalian pinjaman yang diberikan kepada seseorang atau suatu badan usaha.
3.      Peserta mampu melihat dengan seksama kondisi, karakter dan prospek usaha debitur sertamampu membuat analisia laporan keuangan debitur, sehingga diadapat menilai kemampupan debitur untuk mengembalikan pinjamannya, kondisi keuangan, kemampuan berkompentisi, keunggulan debitur resiko-resiko spesifik yang dihadapi oleh suatuindustri, barriers to entry, dan lain-lain.
D.     SASARAN PESERTA PELATIHAN
Kegiatan pelatihan iniditujukan untuk karyawan yang terkait dengan fungsi Account Officerdan atau marketing di industri perbankan khususnya Staf Kredit Komersial& UMKM

E.      MATERI PELATIHAN
1.      Introduction to Account Officer
2.      Job Descriptionfor Account Officer
3.      Basic Skill & Competencies
4.      Operation Banking & Financial Institution
5.      Banking Product and Other Financial Instruments
6.      KYC Concepts
7.      Credit Analysis
8.      Banking Selling Skill
9.      Credit Legal

10.  Foreign Exchange & Treasury
11.  Asset & Liabilities Management
12.   Trade Finance & Remittance Service
13.  Loan Admin & Clearing
14.  Risk Management
15.  Compliance& Anti Money Laundering
16.  Internal Control&Internal Audit
17.  Corporate Law
18.  Service Quality & Excellent
19.  Communication &Presentation Skill

F.      METODE PELATIHAN
Training ini didesain khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, khususnya dalam mengoptimalkan fungsi-fungsi Account Officerdalam aktivitas operasionalnya. Untuk mendukung hal tersebut maka metode pembelajaran yang digunakan adalah Presentasi materi, Diskusi interaktif dan group case dicussion, pembahasan studi kasus sertaSimulasi.

I.        TIM INSTRUKTUR
Agus Basuki Drs, M.Si & Tim Pusat Training Perbankan DIY.