5S for Housekeeping
Description
Housekeeping sebagai bagian dari departemen di
perusahaan sangat erat kaitannya dengan aktivitas program 5S. Mereka
bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan
kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar
lingkungan perusahaan tampak rapi, bersih serta memberikan rasa nyaman bagi
siapapun. Departemen housekeeping tidak hanya bertanggung jawab untuk
mempersiapkan dan membersihkan ruang-ruang kantor, tapi juga membersihkan,
merawat dan memelihara secara keseluruhan bagian area perusahaan sehingga terlihat rapi dan
segar untuk memulai suatu bisnis.
Sebelum mengimplementasikan 5S maka perlu dibentuk
tim yang harus melakukan berbagai persiapan, jika tidak demikian berbagai
masalah bisa saja muncul kemudian dalam proses implementasinya sehingga dapat
menghilangkan motivasi karyawan dan menyebabkan seluruh proses terhenti. Dengan
menerapkan 5 S secara total, suatu perusahaan dipastikan akan memiliki
lingkungan kerja yang teratur dan terawat. Kondisi tersebut akan meningkatkan
kenyamanan SDM dalam bekerja sehingga mutu dan produktivitas juga akan
mengalami perbaikan.
Objectives
·
Meningkatkan disiplin
karyawan di perusahaan
·
Mengenal wawasan
praktek 5R dengan baik dan benar
·
Membuat tempat kerja
nyaman, rapi, resik dan terawat
·
Meningkatkan Mutu dan
Produktivitas perusahaan
·
Menciptakan Citra
kerja yang nyaman,rapi,resik& terawat
·
Memastikan praktek 5R
berjalan dengan lancar
·
Mampu mengenal
karakteristik ditempat kerja
Course Content
HARI-1
1. Ice Breaking
2.
Teori Budaya Kerja di
perusahaan
3.
Mentalitas Dasar di
Tempat Kerja
4.
Membangun dan
menumbuhkan perilaku kerja karyawan
5. Kaizen (Continuous
Improvement)
6.
Penjabaran Konsep 5S:
Definisi, Aktivitas dan Sasaran
HARI-2
1. Manfaat Program 5S
for Housekeeping
2. Memahami
Langkah-langkah Implementasi 5S for
Housekeeping
3.
Analisis Hambatan dan
penanggulangan praktis
4.
Mempersiapkan
Penerapan 5S for Housekeeping di Perusahaan
5.
VIDEO Keberhasilan
pelaksanaan 5-S
HARI-3
1.
Study Kasus Penerapan 5
S for Housekeeping di beberapa perusahaan
2.
Penerapan Praktis
Operasional Dilengkapi Latihan
3.
Forum Group Case Discussion : Penerapan dan
Implementasi 5 S di PT Medco Energi Internasional, Tbk
4.
Tahap Evaluasi : Memahami
peran & persiapan Audit dalam penerapan 5S for Housekeeping
Who Should
Attend
Kegiatan ini ditujukan bagi para
karyawan
khususnya yang bertanggung jawab pada kerapian dan
kebersian lingkungan kerja, tim implementator, HSE Department dari berbagai
level jabatan.
Instructor
Patisina, S.T., M.T.
Menyelesaikan program
magister Teknik Industri dari UGM,
Instruktur merupakan trainer dan professional consultant di bidang operation
management yang meliputi : logistik & warehouse, inventory, procurement,
PPIC & Produksi.
Course Method
Presentation
Discuss
Case Study
Post Test
Evaluation