ACCOUNT OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM
A. LATAR
BELAKANG
Perbankan sering dikaitkan sebagai bidang industri yang mampu menjamin kemakmuran
bagi siapa saja yang bekerja di dalamnya. Terlebih lagi jika bank tersebut
merupakan bank papan atas yang sudah mempunyai kredibilitas tinggi di
masyarakat. Selain pendapatan dengan jumlah cukup besar, nama besar bank juga
memberikan prestise tersendiri bagi karyawannya. Tak mengherankan jika antrian
panjang sering terlihat di stand perusahaan perbankan pada tiap penyelenggaraan
job fair atau perekrutan calon
karyawan.
Salah satu posisi jabatan di perbankan yang
cukup banyak diminati adalah account officer. Pada posisi ini, karyawan biasanya akan berhubungan
langsung dengan para calon nasabah dan nasabah bank yang akan mengalokasikan
sejumlah dananya pada bank tersebut. Banyaksekalidijumpai,
nasabahsebetulnyahanyatahubahwadiaperlupinjaman, tapibelumjelasberapadanuntukapa.
Disinidiperlukankeahlianseorang AO untukmelakukan probing, agar
kebutuhanpinjamanmemangsesuaidengankeperluannasabah (adaunsurtepatwaktu,
tepatjumlah, dantepatsasaran).
Menggalakkankemampuan
AO agar berkualitasmerupakankebutuhan Bank, agar
dapatmenyalurkanpinjamansesuaisasaran, serta di lihatdarisisidebitur (nasabah)
pinjamantadidapatmeningkatkanusahanya, sertameningkatkanpenyerapantenagakerja.
Pembinaanterhadapnasabah, dapatdimulaidarinasabahkecil, yang
secarapastiakanmeningkatkemampuanusahanya, danjugameningkatjumlahpinjamannya,
danpadasaatnasabahmenjadibesarmakaakanterjalinhubungantimbalbalik yang
positifantara Bank dannasabah, sertadiperolehnasabah-nasabah yang loyal bagi
Bank tersebut.
Account Officer Development Programmerupakan program pelatihan yang dapat
diupayakan oleh manajemenuntukdapat menghasilkan Account
Officer / Marketing yang handal dan berkualitas.Oleh karenanya,
pemahaman yang komprehensif akan pentingnya peran dan fungsi Account Officerperbankan menjadi
keharusan bagi para pelaku perbankan itu sendiri.
ConversaIndotama
Consultant sebagailembagaberbadanhukumyang
kompetendanindependenberupayamemberikankonsep-konsepdanpemahamanterkait. Oleh karena itu dengan
kapasitas yang dimiliki oleh Conversa Indotama dalam hal penyedia jasa
training, kamibermaksudmenawarkankerjasamamelaluikegiatanpelatihan dengan temaAccount Officer Development Program.
B. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 3 hari.
C. TUJUAN
PELATIHAN
1.
Memberikan pemahaman
yang komprehensif kepada peserta terkait prinsip-prinsip pengelolaan karwayan pada posisi Account Officer serta tugas dan fungsi AO
dalam perusahaan perbankan.
2.
Menguasa ikemampuan
marketing dan analisis kredit,
termasuk dalam melakukan perhitungan tingkat resiko dan pengembalian pinjaman yang
diberikan kepada seseorang atau suatu badan usaha.
3.
Peserta mampu melihat dengan seksama kondisi,
karakter dan prospek usaha debitur sertamampu membuat analisia laporan keuangan debitur,
sehingga diadapat menilai kemampupan debitur untuk mengembalikan pinjamannya,
kondisi keuangan, kemampuan berkompentisi, keunggulan debitur resiko-resiko spesifik
yang dihadapi oleh suatuindustri, barriers to entry, dan lain-lain.
D. SASARAN
PESERTA PELATIHAN
Kegiatan pelatihan iniditujukan untuk karyawan yang terkait dengan fungsi Account Officerdan
atau marketing di industri perbankan khususnya Staf Kredit Komersial&
UMKM
E. MATERI
PELATIHAN
1.
Introduction to Account
Officer
2.
Job Descriptionfor
Account Officer
3.
Basic Skill & Competencies
4.
Operation Banking
& Financial Institution
5.
Banking Product and
Other Financial Instruments
6.
KYC Concepts
7.
Credit Analysis
8.
Banking Selling Skill
9.
Credit Legal
10. Foreign
Exchange & Treasury
11. Asset &
Liabilities Management
12. Trade Finance & Remittance Service
13. Loan Admin
& Clearing
14. Risk
Management
15. Compliance&
Anti Money Laundering
16. Internal
Control&Internal Audit
17. Corporate
Law
18. Service
Quality & Excellent
19. Communication &Presentation Skill
F. METODE PELATIHAN
Training ini didesain khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, khususnya
dalam mengoptimalkan
fungsi-fungsi Account Officerdalam aktivitas operasionalnya. Untuk mendukung hal
tersebut maka metode pembelajaran yang digunakan adalah Presentasi materi, Diskusi interaktif dan group case dicussion, pembahasan studi kasus sertaSimulasi.
I.
TIM
INSTRUKTUR
Agus Basuki Drs, M.Si
& Tim Pusat Training Perbankan DIY.