ANALISA PASAR PERBANKAN
Deskripsi
Analisis
pasar merupakan suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari
berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya
pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar. Pada dasarnya,
analisa pasar
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang pasar yang bisa dinikmati
oleh pebisnis. Peluang itu hanya bisa dinikmati jika pebinis mau melakukan
usaha tertentu yang memancing peluang dalam pasar. Sebelum melakukan usaha
apapun, setiap bisnis biasanya membentengi dirinya dari segala kemungkinan
buruk yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan bisnis. Analisa tidak hanya
dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi keuntungan yang bisa diraih, analisa
juga mencakup berbagai macam faktor pendukung yang bisa mempengaruhi perilaku
konsumen yang akan menjadi target produk atau jasa kita. Training ini akan
memberikan analisa komprehensif meliputi penilaian pangsa pasar bank dan besar
kecilnya ukuran di lini bisnis kunci atau sektor serta prospeknya kedepan,
produk bank yang sekarang ada, perluasan pasar, dan keuntungan nyata lain yang
dihasilkan dari penguasaan posisi pasar bank (penentuan harga vs kekuatan
pendanaan) baik di pasar nasional, pasar regional, atau dalam segmen/sektor
tertentu. Kerawanan posisi pasar bank juga dilihat dengan membandingkan
keuntungan kompetitif terhadap para pesaing sejenis.
Tujuan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman
kepada peserta mengenai bagaimana menganalisa kekuatan pasar, dominasi pasar
dan kekuatan merk, customer demands
(keinginan customer), customer ability
(daya beli customer) dan juga pemetaan kekuatan produk dalam perbankan
Outline
1. Analisa Pemasaran Sebagai Strategi Bisnis industry Perbankan
2. Strategi Penentuan Posisi
3. Strategi Pelayanan Konsumen
4. Strategi Penentuan Produk
5. Target Pasar
6. Promotion
7. Pangsa pasar
8. Metode Pengumpulan Informasi dalam Kegiatan Analisa Pasar
9. Metode Analisa SWOT
10. Faktor-faktor Analisis Pasar
· Kebutuhan & keinginan konsumen
· Segmentasi pasar
· Target
· Nilai tambah
· Masa hidup produk
· Struktur pasar
· Persaingan & strategi pesaing
· Ukuran pasar
· Pertumbuhan pasar
· Laba kotor
· Pangsa pasar
11. Identifikasi Faktor Tambahan/ Analisis Pertumbuhan
Sasaran peserta
Business analyst,
business planner, manajer pemasaran produk perbankan
Instruktur
Y.G. Purpito, SP, MM.
Merupakan praktisi berbankan yang
berpengalaman selama lebih dari 15 tahun menduduki jabatan-jabatan strategis