ANALISIS PASAR PERBANKAN





ANALISA PASAR PERBANKAN


Deskripsi
Analisis pasar merupakan suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar. Pada dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang pasar yang bisa dinikmati oleh pebisnis. Peluang itu hanya bisa dinikmati jika pebinis mau melakukan usaha tertentu yang memancing peluang dalam pasar. Sebelum melakukan usaha apapun, setiap bisnis biasanya membentengi dirinya dari segala kemungkinan buruk yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan bisnis. Analisa tidak hanya dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi keuntungan yang bisa diraih, analisa juga mencakup berbagai macam faktor pendukung yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yang akan menjadi target produk atau jasa kita. Training ini akan memberikan analisa komprehensif meliputi penilaian pangsa pasar bank dan besar kecilnya ukuran di lini bisnis kunci atau sektor serta prospeknya kedepan, produk bank yang sekarang ada, perluasan pasar, dan keuntungan nyata lain yang dihasilkan dari penguasaan posisi pasar bank (penentuan harga vs kekuatan pendanaan) baik di pasar nasional, pasar regional, atau dalam segmen/sektor tertentu. Kerawanan posisi pasar bank juga dilihat dengan membandingkan keuntungan kompetitif terhadap para pesaing sejenis.

Tujuan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai bagaimana menganalisa kekuatan pasar, dominasi pasar dan kekuatan merk, customer demands (keinginan customer), customer ability (daya beli customer) dan juga pemetaan kekuatan produk dalam perbankan


Outline

1.       Analisa Pemasaran Sebagai Strategi Bisnis industry Perbankan
2.       Strategi Penentuan Posisi
3.       Strategi Pelayanan Konsumen
4.       Strategi Penentuan Produk
5.       Target Pasar
6.       Promotion
7.       Pangsa pasar
8.       Metode Pengumpulan Informasi dalam Kegiatan Analisa Pasar
9.       Metode Analisa SWOT
10.   Faktor-faktor Analisis Pasar
·      Kebutuhan & keinginan konsumen
·      Segmentasi pasar
·      Target
·      Nilai tambah
·      Masa hidup produk
·      Struktur pasar
·      Persaingan & strategi pesaing
·      Ukuran pasar
·      Pertumbuhan pasar
·      Laba kotor
·      Pangsa pasar
11.   Identifikasi Faktor Tambahan/ Analisis Pertumbuhan

 Sasaran peserta

Business analyst, business planner, manajer pemasaran produk perbankan

Instruktur
Y.G. Purpito, SP, MM.
Merupakan praktisi berbankan yang berpengalaman selama lebih dari 15 tahun menduduki jabatan-jabatan strategis