Home » » TRAINING INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

TRAINING INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

 training penawaran perdana saham perusahaan

DESKRIPSI

Pasar modal Indonesia akhir-akhir ini marak dengan berita mengenai beberapa perusahaan yang akan mencatatkan sahamnya untuk pertama kali di bursa. Penawaran umum saham perdana atau IPO (Initial Public Offering) adalah kegiatan penawaran efek yang dilakukan oleh emiten untuk menjual efek kepada masyarakat (publik) melalui pasar modal. Emiten berharap semua saham yang lepas ke publik dapat terserap sepenuhnya sehingga target pendapatan yang diharapkan dapat terpenuhi. Sebaliknya, para pemodal berharap mendapatkan keuntungan dengan membeli saham tersebut, baik berupa dividen, capital gain, maupun hak-hak lain sebagai pemegang saham. Dengan kegiatan pelatihan, maka peserta akan memahami seluk beluk serta strategi permodalan yang dapat dilakukan perusahaan.

MATERI

1. Introduction: Pengenalan Tentang Hukum Pasar Modal, Jenis-Jenis Efek, IPO, Perjanjian Penjaminan Emisi Efek, ADR Pada Bidang Pasar Modal

2. Perjanjian Penjaminan Emisi Efek

3. Initial Public Offering (IPO) sebagai strategi aspek permodalan

4. Tanggal Efektif

5. Lead underwriter, underwriter, selling agent.

6. Due Diligence Meeting (DDM)

7. Public expose

8. Prospektus

9. Resiko Usaha

10. Tujuan go public

11. Harga penawaran, atas dasar proyeksi laba,

12. Tanggal penting.

(a) Masa Penawaran

(b) Tanggal penjatahan

(c) Tanggal refund

(d) Tanggal pembayaran ke emiten

(e) Tanggal pencatatan di bursa

13. Oversubscribed, adalah apabila peminat atas saham IPO lebih besar dari total saham yang ditawarkan.

10. Penjatahan.

11. Undersubscribed

METODE PELATIHAN :

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah presentasi, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif

INSTRUKTUR

Perwakilan dari Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan

Durasi

3 hari