ANALISA KEUANGAN & PELAPORAN UNTUK STAF
Deskripsi
Informasi
keuangan perusahaan adalah hal yang sangat penting bagi management dalam
pengambilan keputusan bisnis. Namun, kenyataannya tidaklah mudah memahami
informasi keuangan itu bagi orang yang tidak punya latar belakang keuangan.
Karena
itu tidak jarang laporan dan analisa keuangan yang disampaikan ke management
sulit dipahami, dan hanya sekedar laporan keuangan untuk pelaporan eksternal
yang telah baku (Bapepam, Pajak, dan lain-lain)
Untuk
memenuhi kriteria tersebut, staf penyusun laporan keuangan dituntut harus
memiliki tidak hanya pengetahuan yang terkait dengan aspek financial, namun
juga bisnis proses perusahaan serta pengetahuan prinsip-prinsip penyusunan
laporan yang baik. Proses ini sudah harus dimulai dari saat penyiapan
monthly/annual closing, penyusunan laporan, management review, hingga audit
oleh eksternal auditor.
Training
ini bertujuan untuk membekali peserta pemahaman dalam penyusunan laporan
keuangan dan dapat membuat informasi analisa keuangan yang informatif bagi
manajemen. Sehingga informasi itu akan menjadi panduan yang valid terhadap
keputusan manajemen yang akan dieksekusi.
Tujuan
· Peserta mampu melaksanakan kegiatan analisa keuangan dengan baik
· Peserta mampu menyusun laporan dari hasil analisa yang dilakukan secara
efisien dan efektif
· Meyakinkan pada pengambil keputusan bahwa keputusan yang diambil adalah
keputusan yang tepat dan strategis berdasarkan analisa dan pelaporan yang
disusun oleh staf.
Materi
1.
Perubahan paradigma dalam pelaporan keuangan : Dari aktivitas
administrative menjadi aktivitas yang strategis
2.
Struktur laporan dan analisis keuangan dan Penyederhanaan account
dalam laporan keuangan : Neraca, P&L, Cashflow
3.
Alat-alat analisis dalam laporan keuangan : Analisis rasio, arus
kas, dan alat analisis khusus
4.
Pemanfaat table dan diagram dalam analisis laporan keuangan
5.
Analisis dan laporan keuangan dengan komparasi : actual, budget,
outlook, dan periode sebelumnya
6.
Pelaporan keuangan untuk eksternal dan internal audit serta kesesuaiannya
dengan PSAK dan IFRS
7.
Analisis aktivitas dengan pengukuran aspek financial dan
non-financial
8.
Pelaporan keuangan untuk presentasi monthly of review management
9.
Best Practices in reporting financial accounting & accounting
analysis
Metode Training
Pembahasan Konsep, Game, Sharing dan Diskusi, Latihan
Pembahasan Konsep, Game, Sharing dan Diskusi, Latihan
Sasaran Peserta
Karyawan pada level Staff / pelaksana, Sekretaris, Foreman, Administrasi yang akan ditingkatkan skillnya dan kompetensinya dalam aktifitas analisa dan
pelaporan