DESIGNING STRATEGIC OBJECTIVE
& KEY PERFORMANCE INDICATORS
Deskripsi
Seiring dengan berkembangnya
implementasi sistem manajemen kinerja Balanced Scorecard, banyak orang yang
salah kaprah dengan menyamakan Balanced Scorecard dengan Key Performance Indicator
(KPI). Salah kaprah ini perlu diluruskan karena sehebat apapun KPI menurut
persepsi Anda, tidak akan membawa organisasi pada target kinerja yang ingin
dicapai. KPI yang baik dan benar hanya bisa disusun dengan sepenuhnya
menggunakan tool Balanced Scorecard. Kalau tidak demikian, KPI hanyalah hasil
penajaman job description, job objective atau key result area (KRA). Sehingga
akhirnya, KPI tidak bermakna apa-apa bagi implementasi strategi organisasi
karena terjebak pada KPI rutin/generik.
KPI adalah indikator keberhasilan
dari sebuah organisasi/unit kerja/pejabat pimpinan dan individu yang ada dalam
perusahaan. KPI bukan jembatan penghubung job description atau job objective
jabatan dengan target kinerja, seperti yang disampaikan sejumlah trainer/konsultan.
KPI adalah kinerja itu sendiri, dan target KPI adalah target kinerja itu
sendiri.
Tentukan dulu strategic objective
organisasi dan unit kerja di mana Anda bekerja, baru Anda bisa menyusun KPI
yang baik. Semakin tinggi hirarki jabatan dalam organisasi, maka KPI semakin
bersifat strategis. Semakin rendah hirarki jabatan, KPI semakin bersifat
teknis. Lantas, bagaimana menyusun strategic objective dan KPI yang benar dan
powerful? Apa saja syarat-syarat dari sebuah KPI yang benar? Bagaimana
metodologi pengukuran KPI? Bagaimana menyusun kegiatan/proyek yang tepat untuk
mewujudkan target KPI? Pelatihan ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan
tersebut.
Tujuan
Pelatihan ini dimaksudkan untuk:
1. Memberikan
gambaran yang komprehensif kepada peserta mengenai mentingnya KPI dalam
kaitannya dengan pertumbuhan performansi perusahaan secara keseluruhan
2. Peserta memahami
sekaligus mampu melakukan penyusunan metode KPI sehingga kinerja setiap pegawai
dapat dievaluasi secara lebih obyektif dan terukur, sehingga dapat mengurangi
unsur subyektivitas yang sering terjadi dalam proses penilaian kinerja pegawai.
3. Membekali pegawai
sehingga menjadi lebih paham mengenai hasil kerja yang diharapkan darinya. Hal
ini akan mendorong pegawai bekerja lebih optimal untuk mencapai target kinerja
yang telah ditetapkan.
4. Peserta memahami
bagaimana proses pembinaan kinerja pegawai dapat dilakukan secara lebih
transparan dan sistematis.
Materi Training
·
Framework
of strategic performance management system
·
Performance
management cycle
·
Principles
in designing strategic objective & KPI
·
Understanding
vision, mission & corporate strategy
·
Creating
simple strategy map
·
Cascading
the Strategy Map to lower level
·
Defining
and establishing KPI of corporate level and functional unit level
·
KPI
criterias & validation
·
Cascading
KPI to individual level
·
Target
setting
·
Linking
KPI to program/project/business activitiy as strategic initiative
·
Using
KPI as strategic tool: training & coaching decision, performance monitoring
& evaluation, performance grading and reward & punishment
·
KPI
evaluation
Peserta
Training
Eksekutif/Manager/Supervisor dan pebisnis atau
siapa saja yang bertanggung jawab dalam menyusun KPI dalam organisasi, baik
level korporat maupun individual.
Instruktur
Drs. Audith Turmudzi, S. Psi, MM