BEST PRACTICE IN LOGISTIC COST REDUCTION



BEST PRACTICE IN LOGISTIC COST REDUCTION
DESKRIPSI
Manajemen Logistik adalah proses perencanaan, implementasi serta pengendalian persediaan dan aliran material sejak dari titik asal sampai konsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen/ user secara efektif dan efisien.
Dalam bisnis apapun, persediaan barang (inventory) memegang peran yang sangat penting. Bisnis manufaktur umumnya menghabiskan lebih dari 65 % harga pokok produksinya (cost of goods manufaktured) untuk biaya bahan baku, bahan penunjang maupun suku cadang mesin. Begitu pula dalam industri jasa. Industri jasa menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk persediaan. Pengelolaan sistem logistik ini menjadi semakin penting, karena begitu besarnya pengaruh manajemen logistik pada performansi keuangan sebuah perusahaan. Sudah terlalu banyak contoh perusahaan yang berhasil meningkatkan performansinya dengan cara reduksi biaya logistik.

MATERI PELATIHAN
  • Konsep Manajemen Logistik Terpadu
  • Pengaruh Persediaan Terhadap Performansi Keuangan
  • Mengukur Tingkat Pelayanan (Customer Service ) Sistem Logistik
  • Manajemen Persediaan
  • Material Requirement Planning
  • Pengaruh Manajemen Pergudangan dan Distribusi pada kinerja perusahaan
    • Pengaruh Persediaan
    • Ukuran performansi Efisiensi Persediaan
    • Turnover of Average of Inventory
    • Umur rata-rata persediaan
    • Peragaan penggunaan software pengukuran performansi persediaan.
  • Strategi Manajemen Pergudangan
  • Auditing Sistem Manajemen Logistik
    • Customer Service / Order Administration Audit.
    • Transportation (Inbound And Outbound) Audit
    • Warehouse Operation Audit
    • Inventory Management and Forecasting audit
    • Production Planning / Scheduling audit
    • Marketing / Sales audit
    • Financial control/ Accounting audit
    • Purchasing audit
    • General / Senior Management audit
  • Inventory Management, Just In Time (JIT)
    • Paradigma baru manajemen biaya
    • Hubungan TQC dan JIT
    • Persyaratan JIT dan Implementasi JIT yang sukses
  • Distribution Requirement Planning (DRP)
  • Studi kasus..

PESERTA
Supervisor, Staf Bagian Logistic, Bagian pembelian, Bagian Pergudangan dan yang terkait dengan Manajemen Logistic

INSTRUKTUR

Holy Icun Yunarto, ST., MM