Coaching & Counseling
for Outsanding Job
Performance
DESKRIPSI
Berbagai dinamika yang ada di
lingkungan kerja yang semakin kompleks dewasa ini khususnya yang menyangkut
permasalahan SDM menjadi perhatian tersendiri bagi para pelaku usaha, dimana
SDM merupakan bagian dari organisasi usaha itu sendiri. Dalam upaya agar setiap
orang dapat mencapai sasaran kerjanya, maka setiap manajer/supervisor berkewajiban untuk membantu setiap
orang dalam timnya dengan cara memberikan coaching dan konseling.
Implementasi terhadap metode coaching
yang tepat dalam hal ini diyakini
dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas
setiap orang sehingga berhasil mencapai sasaran kerjanya secara optimal. Sedangkan untuk meningkatkan
efektifitas perilaku dan sikap mental pekerja agar sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya, maka diperlukan metode Counseling. Konseling dilakukan apabila setelah coaching dilakukan tidak terjadi
perubahan atau peningkatan kinerja dari bawahannya. Konseling lebih mengarah
pada aspek psikologis dari individual, sehingga untuk melaksanakan konseling
seorang manajer/supervisor perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan
untuk memahami kebutuhan-kebutuhan psikologis tersebut.
Kemampuan untuk mengkombinasikan coaching
& counseling dengan tepat pada akhirnya
menjadi skill harus dimiliki oleh para supervisor dan manajer. Dengan penguasaan tiga skill manajer dalam coaching & counseling meliputi skills mendengarkan (ketika
menemukan masalah), skill mendefinisikan masalah (agar menemukan penyebab
sebenarnya) dan skill memfasilitasi penemuan solusi. Tugas manajer ialah
membantu mengoptimalkan sumber daya bagi bawahannya untuk menyelesaikan masalah
atau mencapai targetnya. Kompetensi apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana
melakukan hal-hal tersebut akan dibahas dalam pelatihan ini.
Tujuan
Pelatihan
Memberikan
ketrampilan praktis bagi para peserta (supervisor &
manager) agar
memiliki
kompetensi dasar sehingga mampu memberikan coaching dan konseling secara
efektif kepada orang lain/bawahannya.
Topik
Pelatihan
1. Ice Breaking
2. Peran dan Fungsi
Couching and Counselling dalam Perusahaan
3. Keterkaitan Couching &
Counceling dalam Meningkatkan Performansi
Karyawan
4. Pendeka tan
dalam Mengoptimalkan Kualitas Kinerja SDM
5.
Strategic Management dan Strategic Individual Performance Development
6. Konsep Coaching & Counselling
7. Teknik Proses Coaching & Counselling yang Efektif
8. Identifikasi Masalah dan Problem solving
9. Strategi membangun
budaya Coaching dan Counseling dalam membangun hubungan
karyawan dan perusahaan menjadi sinergis.
10. Wawasan tentang pemahaman penanganan dan penyikapan
terhadap kasus
11.
Handling Difficult People
12. Latihan dan simulasi
Ketrampilan Coaching & Counseling
Instruktur
Tekad Wahyono, S.Psi, M.si
Tirtana Brachnata, SE, MM