Coaching & Counseling for Outsanding Job Performance



Coaching & Counseling
 for Outsanding Job Performance

DESKRIPSI
Berbagai dinamika yang ada di lingkungan kerja yang semakin kompleks dewasa ini khususnya yang menyangkut permasalahan SDM menjadi perhatian tersendiri bagi para pelaku usaha, dimana SDM merupakan bagian dari organisasi usaha itu sendiri.  Dalam upaya agar setiap orang dapat mencapai sasaran kerjanya, maka setiap manajer/supervisor berkewajiban untuk membantu setiap orang dalam timnya dengan cara memberikan coaching dan konseling.
Implementasi terhadap metode coaching yang tepat dalam hal ini diyakini dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas setiap orang sehingga berhasil mencapai sasaran kerjanya secara optimal. Sedangkan untuk meningkatkan efektifitas perilaku dan sikap mental pekerja agar sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya, maka diperlukan metode Counseling.  Konseling dilakukan apabila setelah coaching dilakukan tidak terjadi perubahan atau peningkatan kinerja dari bawahannya. Konseling lebih mengarah pada aspek psikologis dari individual, sehingga untuk melaksanakan konseling seorang manajer/supervisor perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk memahami kebutuhan-kebutuhan psikologis tersebut.
Kemampuan untuk mengkombinasikan coaching & counseling dengan tepat pada akhirnya menjadi skill harus dimiliki oleh para supervisor dan manajer. Dengan penguasaan tiga skill manajer dalam coaching & counseling meliputi skills mendengarkan (ketika menemukan masalah), skill mendefinisikan masalah (agar menemukan penyebab sebenarnya) dan skill memfasilitasi penemuan solusi. Tugas manajer ialah membantu mengoptimalkan sumber daya bagi bawahannya untuk menyelesaikan masalah atau mencapai targetnya. Kompetensi apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana melakukan hal-hal tersebut akan dibahas dalam pelatihan ini.

Tujuan Pelatihan
Memberikan ketrampilan praktis bagi para peserta (supervisor & manager) agar memiliki  kompetensi dasar sehingga mampu memberikan coaching dan konseling secara efektif kepada orang lain/bawahannya.

Topik Pelatihan
1.       Ice Breaking
2.       Peran dan Fungsi Couching and Counselling dalam Perusahaan
3.       Keterkaitan Couching & Counceling dalam Meningkatkan Performansi  Karyawan
4.       Pendekatan dalam Mengoptimalkan Kualitas Kinerja SDM
5.       Strategic Management dan Strategic Individual Performance Development
6.       Konsep Coaching & Counselling
7.       Teknik Proses Coaching & Counselling yang Efektif
8.       Identifikasi Masalah dan Problem solving
9.       Strategi membangun budaya Coaching dan Counseling dalam membangun hubungan karyawan dan perusahaan menjadi sinergis.
10.   Wawasan tentang pemahaman penanganan dan penyikapan terhadap kasus
11.   Handling Difficult People
12.   Latihan dan simulasi Ketrampilan Coaching & Counseling

Instruktur
Tekad Wahyono, S.Psi, M.si

Tirtana Brachnata, SE, MM