EMPLOYEE COMPETENCY ASSESSMENT
DESKRIPSI
Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan
salah satu faktor yang cukup penting untukmeningkatkan produktivitas kinerja
suatu organisasi atau instansi. Oleh karena itu, diperlukanSumber Daya Manusia
yang mempunyai kompetensi tinggi karena keahlian atau kompetensi akandapat
mendukung peningkatan prestasi kinerja karyawan. PenilaianKompetensimerupakansalahsatubagiandariSistemManajemenPerformansiIndividuKaryawan,
di manapenilaiankompetensiinimenilaikompetensi yang
dimilikiolehindividukaryawanyangdibandingkandengansyaratkompetensi yang
harusdimilikiolehkaryawantersebutsesuaiposisinya di organisasi.
Hasilpenilaiankompetensimenunjukkanapakahkompetensi yang dimilikikaryawanberada
di atasatau di bawahatausamadengan,
dibandingkandengansyaratkompetensisesuaiposisi yang didudukinya.
Namundemikian,
masihterdapatbeberapahalpenting yang perludipahami dengan baik agar prosespengelolaanSDMberbasiskompetensitersebutdapatmencapaitujuannyasehinggaorganisasimaupun
orang-orang yang ada di dalamnyadapatmerasakanmanfaatnya. Kegiatan training dengan
metodologi yang disesuaikan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan tersebut.
TUJUAN
Kegiatan pelatihan ini didesain dengan tujuan membantu peserta dalam
menyusun Performance Management System dari pegawai agar dapat mendukung
pencapaian sasaran strategis organisasi secara efektif yang meliputi:
1.
Performance Plan
o
Menterjemahkan dari
apa yang diinginkan perusahaan menjadi apa yang harus dilakukan pegawai untuk
mencapainya.
o
Menghubungkan
target/tujuan individu dengan business plan.
2.
Performance
Monitoring
Proses yang dilakukan antara
atasan dan bawahan secara terus menerus untuk mengevaluasi kenerja, mendorong
perilaku positif dan memberi arahan untuk mencapai kinerja yang diharapkan.
3.
Performance Appraisal
Membandingkan antara realisasi dengan rencana
kinerja, memberikan umpan balik, memberikan rating kinerja keseluruhan dan
mengidentifikasi kebutuhan pengembangan yang diperlukan.
METODE
COURSE
CONTENTS
1. Integrated
Competency Models
2. Technical Competency dan Core Competency
3. SiklusPenilaianKinerjaKaryawan
·
PenetapanSasaranKinerja
·
Monitoring
·
Evaluasi
·
PemanfaatanHasilEvaluasiBagiKebijakanPromosi, KenaikanGajidan Program Pengembangan Lainnya.
4. ManfaatPenilaianKinerjaKaryawan
5. Pembentukan
Tim Kerja
6. Komponen
Kompetensi
7. Komponen
Hasil Kinerja (Performance)
8. Prosedur
Pelaksanaan dan Pengukuran Kompetensi Karyawan
9. PenilaianPrestasiKerjaBerkalaTahunan
11. Personnel Potency and Competency Gap Analysis
12. LaporanAkhirPelaksanaan
Program PeningkatanKompetensiKaryawan
PESERTA
Pelatihan ini sangat
bermanfaat bagi para karyawan dari departemen HR yang bertnggungjawab pada
perencanaan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi di perusahaan, atau
departemen diklat terkait.
INSTRUKTUR PELATIHAN
Tekad
Wahyono, S.Psi, M.Si