EMPLOYEE COMPETENCY ASSESSMENT



EMPLOYEE COMPETENCY ASSESSMENT

DESKRIPSI
Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang cukup penting untukmeningkatkan produktivitas kinerja suatu organisasi atau instansi. Oleh karena itu, diperlukanSumber Daya Manusia yang mempunyai kompetensi tinggi karena keahlian atau kompetensi akandapat mendukung peningkatan prestasi kinerja karyawan. PenilaianKompetensimerupakansalahsatubagiandariSistemManajemenPerformansiIndividuKaryawan, di manapenilaiankompetensiinimenilaikompetensi yang dimilikiolehindividukaryawanyangdibandingkandengansyaratkompetensi yang harusdimilikiolehkaryawantersebutsesuaiposisinya di organisasi. Hasilpenilaiankompetensimenunjukkanapakahkompetensi yang dimilikikaryawanberada di atasatau di bawahatausamadengan, dibandingkandengansyaratkompetensisesuaiposisi yang didudukinya.
Namundemikian, masihterdapatbeberapahalpenting yang perludipahami dengan baik agar prosespengelolaanSDMberbasiskompetensitersebutdapatmencapaitujuannyasehinggaorganisasimaupun orang-orang yang ada di dalamnyadapatmerasakanmanfaatnya. Kegiatan training dengan metodologi yang disesuaikan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan tersebut.

TUJUAN
Kegiatan pelatihan ini didesain dengan tujuan membantu peserta dalam menyusun Performance Management System dari pegawai agar dapat mendukung pencapaian sasaran strategis organisasi secara efektif yang meliputi:
1.       Performance Plan
o  Menterjemahkan dari apa yang diinginkan perusahaan menjadi apa yang harus dilakukan pegawai untuk mencapainya.
o  Menghubungkan target/tujuan individu dengan business plan.
2.       Performance Monitoring
Proses yang dilakukan antara atasan dan bawahan secara terus menerus untuk mengevaluasi kenerja, mendorong perilaku positif dan memberi arahan untuk mencapai kinerja yang diharapkan.
3.       Performance Appraisal
Membandingkan antara realisasi dengan rencana kinerja, memberikan umpan balik, memberikan rating kinerja keseluruhan dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan yang diperlukan.

METODE

COURSE CONTENTS
1.       Integrated Competency Models
2.       Technical Competency dan Core Competency
3.       SiklusPenilaianKinerjaKaryawan
·    PenetapanSasaranKinerja
·    Monitoring
·    Evaluasi
·    PemanfaatanHasilEvaluasiBagiKebijakanPromosi, KenaikanGajidan Program Pengembangan Lainnya.
4.       ManfaatPenilaianKinerjaKaryawan
5.       Pembentukan Tim Kerja
6.       Komponen Kompetensi
7.       Komponen Hasil Kinerja (Performance)
8.       Prosedur Pelaksanaan  dan Pengukuran Kompetensi Karyawan
9.       PenilaianPrestasiKerjaBerkalaTahunan
10.   PenilaianPrestasiKerjauntukEvaluasiMasaKontrak/ MasaPercobaan
11.   Personnel Potency and Competency Gap Analysis
12.   LaporanAkhirPelaksanaan Program PeningkatanKompetensiKaryawan

PESERTA
Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para karyawan dari departemen HR yang bertnggungjawab pada perencanaan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi di perusahaan, atau departemen diklat terkait.

INSTRUKTUR PELATIHAN
Tekad Wahyono, S.Psi, M.Si