Etika Dalam Berkendara



ETIKA DALAM BERKENDARA
Deskripsi
Dalam berkendara khususnya di kota besar yang memiliki trafic lalu lintas yang padat tentu saja bukan hal yang mudah dan nyaman. Selain di repotkan oleh kemacetan yang semakin hari-semakin parah, masih banyak juga pengendara yang memiliki tingkat kesadaran keselamatan berkendara yang rendah.  Efek ini selain semakin menambah faktor kecelakaan lalu lintas tetapi juga akan memunculkan efek domino atas peristiwa yang semakin hari dianggap sebagai kebiasaan lalu lintas sehari hari.
Banyaknya kecelakaan berlalu-lintas yang terjadi belakangan ini juga akibat dari para pengendara yang tidak lagi menjunjung tinggi etika dalam berlalu-lintas. Dalam hal ini etika berlalu-lintas perlu disadari sebagai upaya melindungi para pengguna jalan maupun pengendara motor itu sendiri. Training ini juga menjelaskan tentang safety riding. Pada dasarnya safety riding bukan hanya mengenai keselamatan berkendara saja, namun etika berkendara juga bisa terbentuk apabila kita menyadari pentingnya safety riding tersebut. Di lingkungan perusahaan, kecelakaan dalam berkendaraan merupakan salah satu pos pengeluaran yang cukup besar, mengingat segala kecelakaan bermotor yang dialami oleh pegawai perusahaan saat hendak berangkat, pulang dan melakukan kegiatan operasional perusahaan, seluruh biayanya harus ditanggung oleh perusahaan sesuai kriteria-kriteria tertentu.
Dengan training etika dalam berkendara ini peserta dapat memahami aturan dan mulai menghormati, menghargai, menerapkan serta menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain saat berkendara.

Materi Training
1.       UU no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas & angkutan jalan
2.       Pengetahuan rambu-rambu lalu lintas
3.       Pedoman dan pengetahuan dasar teknik berkendara
4.       Peraturan yang wajib ditaati pengendara
5.       Santun dan beretika dalam berlalu-lintas
6.       Konsep safety riding
7.       Kelengkapan dan kesiapan dari faktor non teknis dan faktor teknis dalam berlalu lintas
8.       Penggunaan Perlengkapan standar dan fungsinya
9.       Keselamatan dan kenyamanan etika berkendara (faktor intern dan faktor ekstern)
10.   Praktek berkendaraan yang aman dan beretika

Peserta
Pelatihan ini bersifat terbuka bagi para karyawan dari semua departemen / fungsi di lingkungan perusahaan, terutama yang bekaitan dengan aktifitas operasional, jasa, dan lain-lain.

Instruktur
Pengajar pelatihan ini adalah instruktur ahli di bidang keselamatan dalam berkendara dari HSO Yogyakarta yang telah berpengalaman dalam meberikan pengajaran untuk berbagai kalangan baik masyarakat maupun instansi, sehingga dapat membimbing peserta dalam penerapan di lapangan.