Home » » TRAINING STRATEGI PEMASARAN DAN HUMAS RUMAH SAKIT UNTUK MENGHADAPI IKLIM USAHA YANG SEMAKIN KOMPETITIF

TRAINING STRATEGI PEMASARAN DAN HUMAS RUMAH SAKIT UNTUK MENGHADAPI IKLIM USAHA YANG SEMAKIN KOMPETITIF

TRAINING STRATEGI PEMASARAN DAN HUMAS RUMAH SAKIT UNTUK MENGHADAPI IKLIM USAHA YANG SEMAKIN KOMPETITIF

 training rumah sakit

 

PENDAHULUAN

Rumah Sakit sebagai lembaga penyedia jasa kesehatan bagi masyarakat tentu sangat berkepentingan untuk mengoptimalkan peran Humas dan Pemasaran. Pelayanan Rumah Sakit 24 jam non stop, baik untuk pelayan darurat maupun instansi rawat jalan dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima. Setiap pasien, baik pasien baru maupun pasien lama, pasien umum, peserta askes dan sebagainya, seluruhnya berhak mendapat pelayanan yang sama. Namun salah satu problema yang sering timbul di rumah sakit adalah komunikasi yang kurang efektif baik antara dokter, petugas medis dan pasien, sehingga terjadi kesalahpahaman. Pada saat seperti inilah peran humas pada rumah sakit sangat penting untuk menciptakan peluang strategis dalam upaya mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien serta hak dan kewajiban dokter-dokter dalam penyelenggaraan praktik kedokteran yang baik sesuai kode etik yang berlaku. Karena Public Relations memainkan peran utama dalam membantu mengomunikasikan berbagai sumber daya yang ada.

Saat ini jasa pelayanan kesehatan rumah sakit sudah mengalami perubahan yang mendasar dan merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai banyak unit bisnis strategis. Dengan strategi pengelolaan Humas dan Pemasaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan citra produk layanan RS serta jumlah kunjungan pasien di RS, sehingga bisa memberikan kemanfaatan yang optimal dan berkelanjutan terhadap masyarakat, pengelola dan Pemilik RS. Mencermati peran stratetegis Humas dan Pemasaran bagi Rumah Sakit untuk masa kini dan yang akan datang, JTCC Consultant melalui produk pelatihan yang berkualitas menyelenggarakan pelatihan dengan judul: Strategi Pemasaran dan Humas Rumah Sakit untuk Menghadapi Iklim Usaha yang Semakin Kompetitif.

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan pemahaman para peserta terhadap fungsi Pemasaran dan Humas bagi Rumah Sakit
  2. Memberikan bekal kepada para peserta agar dapat merencanakan dan mengembangkan Program Pemasaran dan Humas untuk Rumah Sakit  yang dipimpin/dikelola.
  3. Dapat mengaplikasikan kewajiban Humas dan memperhatikan hak pasien dalam pelaksanaan praktik rumah sakit.
  4. Untuk menciptakan peluang strategis dalam upaya mensosialisasikan program-program yang di buat

MATERI:

  1. Peran dan Fungsi Humas/PR
  • Peran teknis
  • Peran manajerial
  1. Marketing Rumah Sakit: Antara Kekuatan Produk dan Kemasan Layanan
  2. Nilai pemasaran yang akan dibahas meliputi Brand, Processdan Service.
  3. Marketing MixRumah Sakit
  4. Strategi Pemasaran Rumah Sakit
  5. Nilai (Value)Pemasaran Rumah Sakit
  6. Costomer Focus di Rumah sakit
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran dan Humas Rumah sakit
  8. Penyusunan Program Humas/PR
  9. Pengembangan Program Humas untuk meningkatkan citra lembaga dan perusahaan.

 

Pemateri:

Manahati Zebua., M.Kes, MM

Staf Pengajar pada Program Pascasarjana FK-UGM dan beberapa perguruan   tinggi yang lain serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa tingkat S1   dan S2. Pernah bekerja di RS Bethesda Yogyakarta dan menduduki berbagai   staf Pusmarsa RS Bethesda. Beliau masih aktif sebagai Narasumber di berbagai   lokakarya dan seminar dalam bidang Manajemen Strategi, Manajemen Sumber   Daya Manusia (SDM), Manajemen Keuangan, Kewirausahaan, dan Manajemen   Pemasaran serta menulis tentang Manajemen di beberapa media massa.

Peserta

Direktur dari berbagai divisi di Rumah Sakit

Direktur Pemasaran dan Direktur SDM/Personalia

Kabag Humas/Kabag Informasi/Kabag Pemasaran Rumah Sakit

Sekretaris Eksekutif/Sekretaris Direksi/Sekretaris Pimpinan

Pengurus Yayasan/Komisaris Rumah Sakit