Home » » TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN

TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN

TRAINING MANAJEMEN PURCHASING

training procurement

LATAR BELAKANG

Tuntutan akan tersedianya material yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan kualitas baik, tepat waktu, cost yang rendah serta supplier yang handal merupakan tantangan tersendiri bagi departemen pembelian saat ini. Hal ini telah menjadi tuntutan bagi para pelaku bisnis seiring tingkat kompetisi perusahaan yang kian ketat. Belum lagi supplier cenderung memberikan penawaran yang menggiurkan namun belum terbukti kualitas barang yang ditawarkan.

Di tengah kemudahan informasi dewasa ini, seseorang memang akan semakin mudah memilih supplier yang sanggup memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi. Namun banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan pada penyedia barang & jasa yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Kesalahan pada spesifikasi barang atau wanprestasi oleh pihak supplier tentu akan mengganggu roda bisnis perusahaan. Oleh karena itulah, mengapa fungsi pembelian saat ini menjadi salah satu fungsi yang strategik dalam sebuah perusahaan. Tantangan yang tak mudah ini membutuhkan kontribusi personil yang baik, berdisiplin, jujur serta cakap. Fungsi pembelian bukan sekedar lagi mengefisienkan pembelian dan menjaga keberlangsungan stok saja tetapi juga "managing supply base”.

Oleh pengelolaan fungsi pembelian merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam rangkaian proses produksi yang dilakukan sebuah perusahaan, maka diperlukan pemahaman yang komprehensif terkait unsur-unsur manajemen pembelian agar perusahaan dapat memperoleh material yang tepat, mutu yang sesuai dengan harga yang wajar.

MANFAAT PELATIHAN

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali karyawan agar mampu untuk pengelolaan manajemen pembelian agar mampu melaksanakan kegiatan pembelian yang efektif, cost yang rendah, kualitas yang baik, delivery tepat waktu dan aman bagi lingkungan dan keselamatan kerja. Peserta pun diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang didapatkan dalam training ini serta tip-tip yang sederhana dalam meningkatkan kinerjanya di tempat masing-masing.

MATERI

Hari I

1. Paradigma Fungsi Bagian Purchasing: Masa Lalu, Kini dan Akan Datang:

2. Sudut pandang SCM: Operasional vs Strategis

3. Strategi Pembelian & Pengadaan Dan Pengaruhnya: Direct vs Indirect

4. Aspek Efisiensi, Customer Satisfaction, Organizational Risk & Image

5. Tantangan dalam Manajemen Pembelian: Cost Saving, Effectiveness, Speed, Supply Chain Management

6. Pembelian & Pengadaan sesuai Kondisi & Tipe Bisnis Perusahaan

7. Konsep QCDS dalam Manajemen Pembelian

Hari II

8. Fungsi Bagian Purchasing: Pemilihan, Audit dan Evaluasi, Pemasok

9. Klasifikasi Supplier: ABC Analysis, Grafik Strategik dan Taktikal Supplier

10. Mekanisme Penentuan Harga dalam Pembelian

11. Penghematan Biaya dalam Pembelian

12. Proses Tender dan Mekanisme Penunjukan Langsung

13. Konsep Purchasing dalam ISO 9001, 14001 hingga Just in Time

14. Teknik negosiasi pembelian dan pengadaan yang efektif.

15. Evaluasi dan Pembahasan Studi Kasus Pembelian di Perusahaan

METODE KEGIATAN

· Pretest & Posttest

· Pemaparan materi oleh Instruktur

· Diskusi Interaktif

· Group Case Discussion

· Roleplay & Simulasi

INSTRUKTUR

Ir. Joseph H Nudu, MT

PESERTA

Training ini dapat diikuti oleh para karyawan / pegawai pada level staf hingga supervisor pada divisi operasional, khususnya yang terkait dengan fungsi pembelian atau tim panitia pengadaan barang & jasa di perusahaan.