ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING
FOR FRONTLINERS
LATAR BELAKANG
Memiliki anggota atau tim
kerja yang profesional adalah harapan
setiap organisasi, apalagi yang berorientasi bisnis. Namun permasalahan profesionalisme nampaknya masih merupakan
indikator utama kualitas sumber daya manusia, sehingga upaya-upaya untuk
menjadikan sumber daya manusia yang professional mutlak diperlukan. Seorang
karyawan yang memiliki profesionalisme tinggi adalah mereka yang memiliki
sederet karakteristik baik itu menyangkut sikap kepribadian maupun perilaku
ideal yang diharapkan oleh manajemen.
Karakteristik
karyawan professional yang memiliki etos kerja yang tinggi, integritas dan
komitment terhadap pekerjaan serta selalu ingin berhasil sukses dan menjadi
yang terbaik. Namun untuk memunculkan etos kerja,
integritas dan komitment tinggi tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karenanya pihak manajemen perlu melakukan upaya-upaya kongkrit
supaya karyawan paling tidak memiliki beberapa karakteristik ideal yang
diharapkan. Salah satu yang paling mendasar adalah terus menerus
menjaga motivasi karyawan agar tetap berkinerja secara optimal.
Permasalahannya
memang motivasi bukanlah sesuatu yang mudah
untuk diambil manfaat praktisnya dan dipraktekkan dalam konteks organisasi. Motivasi sangat terkait dengan aspek kepribadian
terdalam manusia yang terbangun dari latar belakang tumbuh kembang seseorang
sepanjang hidup. Apalagi bila pihak manajemen tidak punya cukup pemahaman
tentang ilmu perilaku, maka semakin sulit untuk menyelami apa yang dapat
membuat seorang karyawan menunjukkan intensitas dan persistensi usaha yang
tinggi dalam mencapai goals yang ditetapkan.
Pelaksanaan
Achievement Motivation Training ini merupakan salah kegiatan
yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para frontliners dalam
memotivasi dirinya, baik dalam perannya sebagai individu maupun sebagai
leader yang harus selalu dapat memotivasi bawahan. Selain itu, seiring dengan
pengembangan organisasi, maka karyawan akan telah siap menjadi agent of change
(agen perubahan) yang mengantar perubahan dan pengembangan yang terjadi pada
organisasi dengan komitmen yang tinggi.
TUJUAN PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu
untuk :
- Memahami dan menghayati eksistensi diri sebagai Frontliner
- Memahami sikap mental, prinsip-prinsip dan model motivasi yang efektif sebagai frontliner
- Menguasai langkah-langkah dalam memotivasi diri dan rekan kerja
- Meningkatkan wawasan tentang program-program motivasi diri dalam bekerja
- Memahami kendala dan hambatan seorang frontliner dalam meningkatkan motivasi diri
- Mengetahui dan menjadikan pengalaman gagal dan sukses serta kekurangan diri sebagai motivasi diri
- Lebih termotivasi untuk berprestasi
MATERI PELATIHAN
- Sikap dan motivasi positif sebagai dasar motivasi sejati.
- Faktor yang mendorong timbulnya motivasi
- Pengembangan sikap mental
- Sikap mental terhadap diri sendiri
- Sikap mental terhadap keluarga
- Sikap mental terhadap sesama rekan
kerja
- Sikap mental terhadap pimpinan dan terhadap perusahaan
- Sikap mental terhadap pelanggan
- Memahami peran Frontliner serta pentingnya bekerja sebagai dasar dan membangun motivasi berprestasi
- Melipatgandakan rasa percaya diri total melalui pengalaman sukses.
- Memelihara rasa percaya diri melalui pengalaman kegagalan.
- Belajar menerima diri sebagaimana adanya dan menjadikan suatu keunggulan dalam ningkatkan motivasi diri
- Mengatasi ketakutan dan kekhawatiran dalam bekerja (sebagai Frontliner) maupun di luar lingkungan kerja
- Menjadi pribadi berpengaruh
- Motivasi yang benar-benar memotivasi dan hambatan bermotivasi
- Pengaruh Motivasi berprestasi dalam kinerja Frontliner
- Antusiasme dan komitmen meraih sukses
- Kecerdasan Emosi & Spiritual
PESERTA PELATIHAN
Pelatihan ini
sangat sesuai diikuti oleh seluruh karyawan, Fontliner, Staf maupun Manajerial, yang ingin mengenal dan meningkatkan motivasi diri untuk
berprestasi.
INSTRUKTUR PELATIHAN
Dr. Khoirudin Bashori, M. Si
(Pakar dan Motivator serta Praktisi di bidang Motivasi)