Home » » SURVEY KEPUASAN KARYAWAN

SURVEY KEPUASAN KARYAWAN

survey SURVEY KEPUASAN KARYAWAN

DESKRIPSI

Dalam sebuah organisasi yang dinamis dan berkembang, kepuasan kerja secara menyeluruh merupakan salah satu hal penting yang perlu menjadi perhatian manejemen. Hal ini sangat penting karena kepuasan pegawai merupakan suatu prasyarat untuk meningkatkan produktifitas, tanggung jawab, kualitas, loyalitas dan pelayanan kepada pelanggan (customer service) dari organisasi bersangkutan.

Nyaris semua perusahaan atau organisasi apapun mengakui bahwa moral pegawai dan kepuasan kerja menyeluruh dianggap sangat penting dalam suatu organisasi. Para pegawai yang merasa puas merupakan suatu prasyarat untuk meningkatkan produktifitas, tanggung jawab, kualitas, dan pelayanan. Beberapa ahli menemukan bahwa di dalam proses pelaksanaan survey terbukti adanya realita, dimana para pegawai yang mencapai nilai tertin

ggi didalam survey kepuasan cenderung untuk memiliki pelanggan yang paling merasa puas.

Hingga saat ini, metode survey sering digunakan untuk menghimpun informasi dan masukan dari sebagian atau seluruh populasi yang memiliki kesamaan kriteria atau perlakuan. Pada survey kepuasan karyawan pihak manajemen bermaksud menghimpun data yang kemudian diolah sehingga diperoleh informasi dan masukan dari pihak karyawan dengan dimensi-dimensi atau indikator-indikator tertentu sebagai dasar evaluasi atas kebijakan yang telah ditetapkan manajemen.

TUJUAN

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang optimal bagi peserta, terutama dalam hal:

· Mengetahui dengan jelas pandangan serta level komitmen karyawan terhadap perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengetahui tingkat “acceptance level” jika terjadi perubahan pada struktur, sistem atau reorganisasi.

· Mengetahui faktor yang menyebabkan karyawan tetap berada dalam perusahaan, baik itu faktor yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik.

· Mengetahui faktor-faktor yang bisa meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan, dimana bisa diperdalam lagi pengaruh-pengaruh atau prioritas faktor yang menjadi hal utama pendorong kinerja dan kepuasan karyawan.

· Sebagai bahan evaluasi , improvement maupun monitoring program kerja perusahaan.

MATERI

· Pengantar Pengukuran Kepuasan Karyawan

· Survey Kepuasan Karyawan sebagai bagian dari rencana Strategis Perusahaan

· Metode angket /kuesioner sebagai instrument Pengukuran

· Manfaat Employee Survey Bagi Organisasi Bisnis

· Dimensi-Dimensi Kepuasan

· Tahapan Pelaksanaan Survey (Cut off value)

· Nilai Kritis untuk Tingkat Kepuasan Karyawan

· Penentuan Alat Analisis yang Digunakan

· Teknik dan Langkah Analisis

· Perhitungan Indeks Kepuasan

· Interpretasi Hasil Survey

· Indikator Keberhasilan Employee Survey

Instruktur

Yudhi Satria Restu, SE, S.Psi, M.Si

Instruktur merupakan praktisi bidang HR yang menyelesaikan studinya dari fakultas Psikologi UGM dengan konsentrasi psikologi industri. Hingga saat ini beliau telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan pembangan HR di berbagai perusahaan dan institusi dalam kapasitasnya sebagai konsultan dan trainer profesional. Beberapa perusahaan yang pernah dibantu untuk pelaksanaan recruitment & asesmen antara lain PT Erricson Indonesia, PT Pamapersada Nusantara, PT Kobexindo, PT Trimegah Securitas, PT Infomedia Nusantara, PT Anugrah Argon, PT Ferron Par Pharmaceutical, PT Bukit Makmur, dan sebagainya.