Basic Mechanical


Basic Mechanical

Overview
Ilmu Teknik bidang Teknik Mesin ( Mechanical Engineering ) merupakan salah satu pendukung utama berkembangnya industri, sehingga penguasaan yang memadai di bidang Mechanical Engineering merupakan syarat mutlak untuk dapat menangani peralatan-peralatan industri baik bagi seorang Engineer, Technician atupun Operator. Mechanical Engineering merupakan cabang ilmu teknik yang berpijak terutama antara lain pada ilmu-ilmu Matematika, Kinematika Dinamika, Material, Mekanika Material, Mekanika Fluida, Mekanika Panas,Thermodinamika dan Teknik Pengukuran serta Teknik Pengendalian. Kursus singkat ini mendiskusikan dasar-dasar ilmu di atas termasuk penerapannya di bidang Mechanical Engineering. Selesai mengikuti kursus ini peserta diharapkan lebih memahami dasar-dasar ilmu Mechanical sehingga semakin memahami cara menangani peralatan industri baik dari segi desain konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan.

Outline
·         Ilmu Material Dasar (Ferrous dan non Ferrous dan treatment)
·         Konsep Mekanika Dasar
·         Dasar-dasar Mekanika Material
·         Dasar-dasar Kinematika Dinamika dan penerapannya
·         Dasar-dasar Mekanika Fluida dan penerapannya
·         Dasar-dasar Thermodinamika dan penerapannya
·         Perpindahan Panas Dasar
·         Dasar-dasar Teknik Pengukuran dan Pengendalian

INSTRUCTOR
Ir. Y. Agus Jayatun, MT.,IPP. Adalah lulusan dari teknik mesin UGM. Saat ini Beliau mengabdikan ilmunya di STTNAS Yogyakarta. Berpengalan sebagai instruktur untuk training-training di bidang kompetensinya, seperti: Centrifugal Pump Operation and Maintenance, Compressor Operation and Maintenance, Boiler, Maintenance Management, Total Alignment and Balancing, Mechanical Power Transmision, Pipeline design, construction and maintenance, Control Valve, design, operation and maintenance, Rotating Equipment dll. Dalam dunia praktis, beliau berpengalaman bekerja di beberapa perusahaan antaralain sebagai, Mechanical and Electrical Site Engineer, M/E. Site Engineer pada Process of Clean Water Instalation, M/E. Site Engineer pada Office Building of PLN, Supervisor M/E Engineer, Mechanical Engineer pada Detail Engineering Design of Non Liquid Waste of Komplek Industri Kulit dan masih banyak yang lainnya. Beliau memiliki beberapa sertifikasi profesional dari PII dalam bidang Plumbing/Piping, Air Conditioning, Indoor Building Transportation, Mechanical, dan electrical

Who Should Attend
Kegiatan ini dapat diikuti oleh para Operator, Technician, Junior Engineer atau semua pihak yang ingin memahami atau mendalami bidang mekanikal yang diaplikasikan pada dunia industri.