BOND RATING ASSESSMENT





DESCRIPTION
Konsep-konseppenilaiansurat-suratberhargasangatpentingdalammanajemenkeuangan teruma pada perusahaan sekuritas. Manager harusmengetahuibagaimanapenilaiankekayaanperusahaan yang dilakukan sertamengetahuibagaimana investor menilaisurat-suratberhargaperusahaan, sertamengetahuibagaimana alternative tindakan yang mempengaruhinilaisahamdanobligasisuatuperusahaan
Penilaian peringkatobligasi(bond rating assessment) merupakanskalarisikodarisemuaobligasi yang diperdagangkan.Skalainimenunjukkanseberapaamansuatuobligasibagi investor.KeamananiniditunjukkandarikemampuanperusahaandalammembayarbungadanpelunasanpokokpinjamanInformasiberupapemberianperingkatobligasi yang dipublikasikandiharapkandapatmenjadisinyalkondisikeuanganperusahaandanmenggambarkankemungkinan yang terjaditerkaitdenganutang yang dimiliki.
Oleh karena itu, dalam kegiatan pelatihan ini digunakan data peringkat obligasi dari PT PEFINDO. Fungsi utama PEFINDO adalah menyediakan suatu peringkat atas risiko kredit yang objektif, independen, serta dapat dipertanggung jawabkan atas penerbitan surat hutang yang diperdagangkan kepada masyarakat luas.

OUTLINE
1.       Deginisi Obligasi
2.       Karakteristik Obligasi
3.       Jenis - Jenis Obligasi
4.       Penilaian Obligasi danSaham
·      KonsepPerbedaanNilai
·      NilaiLikudasidan Going Concern
·      NilaiBukudanNilaiPasar
·      PenilaianResiko Obligasi
-       Perpeptual Bond
-       Non Zero Coupon Bond
-       Zero Coupon Bond
5.       Pemeringkatan Obligasi yang Dilakukan PT Pefindo
6.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi
7.       Risiko Investasi Obligasi
8.       Rasio Keuangan

INSTRUCTOR
Dr. AkhmadSodikin, SE, MM, MSi

Peserta
Pelatihan ini ditujukan untuk para analis saham dan obligasi dan atau pengamat bursa efek