EFFECTIVE MARKETING COMMUNICATION
Deskripsi
Kehadiran media cetak dan elektronik telah
menimbulkan sikap keseriusan bagi perusahaan dan para pengusaha untuk selalu
memperbaiki kualitas produk dan strategi Marketing Communication (marketing
communition) yang dapat menghindari perusahaan dari kerugian yang disebabkan
oleh promosi yang tidak efisien dapat dimasukkan sebagai bagian dari konsep
bauran Marketing Communication (marketing communication mix).
Marketing Communication merupakan sebuah langkah
strategis dan taktikal yang paling menentukan dalam kesuksesan penjualan.
Begitu banyak aspek yang perlu dipersiapkan dan diimplementasikan dari
pembuatan budget yang terukur dengan pasti, dan langkah demi langkah
implementasi untuk memastikan keberhasilan penjualan produk.
Ada tiga stakeholder utama yang harus dijembatani
oleh Marketing Communication & Promotion Departement, yaitu kualitas
komunikasi antara perusahaan dengan customernya, perusahaan dengan komunitasnya
dan perusahaan dengan internalnya. Tujuan akhirnya adalah membuat perusahaan
menjadi lebih baik dan lebih efektif dalam aspek komunikasi dan khususnya
persuasi/promosi.
Training
tiga hari ini akan membahas Marketing Communication dengan penekanan
pada persuasi efektif melalui tehnik pembentukan dan penyampaian pesan yang
tepat.
Pelatihan ini dimaksudkan
untuk memberi wawasan menyeluruh tentang strategi marketing communication dan
korporat yang memberikan bekal manajerial tentang alat-alat marketing
communication, riset marketing communication, dan penggunaannya dalam
perusahaan.
Tujuan
·
Memahami konsep pembuatan
Strategi Marketing Communication dan Langkah taktisnya
·
Memahami cara menghitung anggaran Marketing
Communication
·
Mampu merancang pesan dan
mengelola deliverynya dengan efektif.
·
Mampu meningkatkan kemampuan
membina hubungan dengan pihak luar, perijinan, vendor dan pendukungnya.
·
Mampu meningkatkan kinerja
operasional keseharian fungsi Marketing Comminication sehingga menjadi lebih
efektif dan optimal sesuai target.
Materi
Training
·
Konsep dan prinsip dasar Marketing
Communication
·
Model Marketing Communication
strategic
·
Marketing mix and marketing
communication mix
·
Mengelola Marketing Communication
·
Penelitian Marketing Communication
·
Efektivitas Marketing Communication
·
Struktur dan Elemen Marketing Communication
·
Membuat Blue Print Strategi Marketing
Communication
·
Memahami Target Komunikasi: Target Pasar, Target
Komunitas, Target Audiens dan Implikasinya terhadap Bentuk Komunikasi.
·
Bagaimana Membuat, Merancang dan Mendelivery
Konsep Komunikasi & Pesan yang Efektif.
·
Trend, Tips dan Triks Terbaru Mengelola Marketing
Communication dan Promosi Perusahaan berbasis Neuroscience & Persuasion
Enginering.
·
Bagaimana Berhubungan dengan Pihak Luar : Media,
Vendor, Perizinan, Advertising Agency, Event Organizer, Government Official,
LSM.
Instruktur
Dr. Fauzan Asmara, MM
Menyelesaikan program doctoral pada konsentrasi
komunikasi pemasaran dari Universitas Islam Indoneisa Yogyakarta. Merupakan
associate consultant bidang strategic management, yang berpengalaman
mendampingi berbagai perusahaan besar dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan strategis bisnis, termasuk dari aspek pemasaran produk.