EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS



EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS


DESKRIPSI PELATIHAN
Sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.
Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, - apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah memberitahukan kepada khalayak umum tentang 'siapa dan bagaimana diri kita'. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.
Kegiatan pempelajaran dan pelatihan secara berkesinambungan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan manajemen di perusahaan dalam rangka menciptakan tenaga-tenaga Public Relation yang handal dan professional, sehingga dapat menjalankan fungsinya secara efektif.

TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan agar peserta memiliki kemampuan untuk
  1. Memahami peranan Humas dalam operasi perusahaan serta bagaimana memanage fungsi Humas secara efektif dan efisien, sehingga diharapkan citra perusahaan di mata masyarakat akan lebih mudah terbangun.
  2. Peserta memahami serta mampu mengimplementasikan bagaimana membangun opini public yang positif yang  dibentuk melalui kinerja Humas yang efektif dengan metode-metode yang terukur.
  3. Mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program untuk mendapatkan pengertian dan dukungan dari berbagai segmen masyarakat, termasuk kalangan media (Jurnalistik dan Wartawan).
  4. Mengidentifikasikan kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepentingan masyarakat.
  5. Memahami rencana kerja kehumasan yang pernah diimplementasikan oleh Kalangan Publik Figur sebagai salah satu model pembentukan citra positif.

MATERI PELATIHAN
  1. Peranan Humas dalam operasi perusahaan
  2. Manajemen dan kode etik Humas
  3. Manajemen Krisis PR
  4. Membangun Opini Publik
·         Sifat dari opini public
·         Memahami karakter public
  1. Pengertian humas, Jurnalistik & Berita.
  2. Hubungan kerja Humas dan Wartawan
  3. Menulis press release.
  4. Public Figure Session:  “Kiat Sukses Membangun PR yang Handal dengan Potensi Diri

PESERTA PELATIHAN
Pelatihan ini ditujujkan untuk para Staf/karyawan pada posisi General Affair, Humas atau yang berhubungan dengan fungsi Public Relations di perusahaan

INSTRUKTUR
  • YUANITA CHRISTIANI (PUBLIC FIGURE)
  • MC MARYATI, DRA, MM
  • BAMBANG DARMADI, DRA, MM