EFFECTIVE
PUBLIC RELATIONS
DESKRIPSI PELATIHAN
Sebagai salah satu akibat dari
kemajuan teknologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public
Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak
harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations
(hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari
aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.
Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi
sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki,
agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian
atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan.
Pengertian, - apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya
bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan
adalah memberitahukan kepada khalayak umum tentang 'siapa dan bagaimana diri
kita'. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah
satu tahap dari keseluruhan kerja PR.
Kegiatan pempelajaran dan pelatihan
secara berkesinambungan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan
manajemen di perusahaan dalam rangka menciptakan tenaga-tenaga Public Relation
yang handal dan professional, sehingga dapat menjalankan fungsinya secara
efektif.
TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan pelatihan ini
dimaksudkan agar peserta memiliki kemampuan untuk
- Memahami peranan
Humas dalam operasi perusahaan serta bagaimana memanage fungsi Humas
secara efektif dan efisien, sehingga diharapkan
citra perusahaan di mata masyarakat akan lebih mudah terbangun.
- Peserta memahami serta mampu
mengimplementasikan bagaimana membangun opini public yang positif yang dibentuk melalui kinerja Humas yang
efektif dengan metode-metode yang terukur.
- Mengkomunikasikan
berbagai ide, melaksanakan rancangan program untuk mendapatkan pengertian
dan dukungan dari berbagai segmen masyarakat, termasuk kalangan media
(Jurnalistik dan Wartawan).
- Mengidentifikasikan
kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepentingan
masyarakat.
- Memahami
rencana kerja kehumasan yang pernah diimplementasikan oleh Kalangan Publik
Figur sebagai salah satu model pembentukan citra positif.
MATERI PELATIHAN
- Peranan
Humas dalam operasi perusahaan
- Manajemen
dan kode etik Humas
- Manajemen
Krisis PR
- Membangun
Opini Publik
·
Sifat
dari opini public
·
Memahami
karakter public
- Pengertian
humas, Jurnalistik & Berita.
- Hubungan
kerja Humas dan Wartawan
- Menulis
press release.
- Public
Figure Session: “Kiat Sukses Membangun PR
yang Handal dengan Potensi Diri”
PESERTA PELATIHAN
Pelatihan
ini ditujujkan untuk para Staf/karyawan pada posisi General Affair, Humas atau yang berhubungan dengan
fungsi Public Relations di perusahaan
INSTRUKTUR
- YUANITA
CHRISTIANI (PUBLIC FIGURE)
- MC MARYATI, DRA, MM
- BAMBANG DARMADI, DRA, MM