EFFECTIVE SELLING SKILLS
DESKRIPSI:
Persaingan merebut pelanggan semakin sengit dan
tuntutan pelanggan semakin tinggi. Untuk mengatasi persaingan dan memenangkan
pelanggan, apapun produk atau jasa yang anda jual, petugas bagian penjualan
anda harus memiliki keterampilan menjual yang tinggi dan berbeda dari pesaing.
Namun ironisnya, kenyataan di lapangan menunjukkan
bahwa tidak banyak orang yang menyukai profesi penjual (seller). Profesi
sebagai Sales People atau seorang Marketer belum menjadi profesi yang bergengsi
khususnya di Indonesia.
Aktivitas menjual
masih dilakukan dengan metode konvensional dan belum dilakukan dengan
sistematis dan dukungan strategy modern. Kondisi tersebut membawa implikasi
pada hasil analisa, bahwa banyak orang yang gagal dalam menjalankan profesi
sebagai sales people dan marketer.
Kemampuan menjual merupakan amunisi utama bagi
para sales untuk dimiliki. Oleh karena itu para sales wajib mendapatkan
pelatihan agar mereka memahami berbagai dukungan dan strategi yg dapat
dimanfaatkan untuk menjalankan aktivitasnya.
TUJUAN
·
Mengerti
paradigma salesman or marketer profesional.
·
Memahami
proses dan langkah-langkah menjual secara efektif dan profesional
·
Memahami
strategi prospecting serta mampu melakukan pengembangan jaringan pelanggan.
·
Terampil
melakukan Relationship, Display & Conviction Selling, Handling Objection
& Closing Technique.
·
Meningkatkan
kecerdasan emosional ( Emotional Quotient) dalam melakukan proses menjual dan
bernegosiasi dengan taktis.
·
Melipatandakan
ketangguhan mental ( Adversity Quotient ) sebagai seorang penjual sukses.
·
Menjadi
seorang penjual profesional yang antusias dalam mencapai target bisnis
MATERI
PELATIHAN:
·
Memahami peran Salesman / Marketer sebagai Pengembang Pasar
·
Mengenal
Perusahaan anda, dan produk yang anda jual
·
Mengenal calon pelanggan anda, serta pesaing anda di pasar
·
Bagaimana menyiapkan Sales Planner
·
Aspek-aspek utama yang harus ada dalam sebuah Sales Planner
·
Penggunaan perinsip dasar komunikasi efektif dalam Selling Process
·
Bagaimana mengantisipasi keberatan pelanggan
·
Standar aktivitas Account Executive di kantor dan di lapangan
·
Proses melakukan Sales Presentation step by step
·
Tehnik mempengaruhi dan meyakinkan pelanggan dalam Sales
Presentation
·
Penggunaan LAER Proccess dalam merespons keberatan pelanggan
·
Tehnik menutup Sales Presentation, serta bagaimana
menindak-lanjutinya
·
Mencapai kesepakatan dengan pelanggan melalui negosiasi
·
Memahami persamaan dan perbedaan antara anda dan pelanggan anda
·
Memahami
kelebihan dan kekurangan anda dan pelanggan anda
·
Perinsip-perinsip dasar negosiasi
·
Hambatan-hambatan dalam negosiasi, dan cara mengatasinya
·
Bagaimana merencanakan sebuah negosiasi
·
Proses melakukan nogosiasi step by step
·
Tehnik membuka dan menutup
negosiasi, serta menindak-lanjuti hasilnya
Instruktur
Singgih
Santoso, S.E., M.M.
PESERTA
Pelatihan ini sangat
tepat untuk diikuti oleh para salesman / marketer yang ditugaskan untuk
melakukan penjualan produk perusahaan.