HEDGE ACCOUNTING TRANSAKSI DERIVATIVES




HEDGE ACCOUNTING TRANSAKSI DERIVATIVES

DESKRIPSI
Hedge accounting adalah teknik manajemen risiko dengan menggunakan derivatif atau instrumen hedging lainnya untuk mengkompensasi (offset) perubahan nilai wajar atau perubahan arus kas terkait asset, kewajiban, dan transaksi-transaksi di masa depan. IAS 39 mencakup prinsip-prinsip akuntansi khusus untuk aktivitas hedging. Apabila kondisi-kondisi tertentu terpenuhi, entitas diperbolehkan untuk menyimpang dari ketentuan-ketentuan akuntansi yang lazim dan menerapkan hedge accounting untuk asset dan kewajiban yang terkait dengan aktivitas hedging. Ketentuan perlakuan akuntansi mengenai hedging bersifat opsional; entitas tidak diharuskan untuk menerapkannya. Pengaruh hedge accounting adalah, keuntungan atau kerugian atas instrumen hedging dan item-item yang dilindunginya diakui dalam periode yang sama; keuntungan dan kerugian ditandingkan dalam periode yang sama.
Program ini dirancang untuk memberikan pandangan yang baik dari Dasar-dasar derivatif dan instrumen keuangan lainnya, bagaimana penilaiannya, bagaimana penyajian dan pengungkapan pada laporan keuangan. Hedge Accounting (Akuntansi Lindung Nilai), termasuk strategi makro dan mikro yang juga akan dibahas secara rinci.

TUJUAN
·         Memahami derivatives products implikasi dari sisi accouinting baik terhadap financial reporting maupun management
·         Memahami peraturan akuntansi dan perpajakan yang berkaitan dengan derivatives
·         Memahami teknik dalam mengimplementasikan accounting procedures
·         Memahami dan mengelola resiko yang berkaitan dengan transaksi derivatives
·         Memahami market risk dan credit risk

MATERI
1.       External financial accounting
• Appropriate accounting method
• PSAK mengenai derivative accounting
2.       Derivative products
·         Accounting for interest rate swap
a.       Definition and methodology
b.      Vanilla swaps, amortizing swaps and forward swap
c.       Valuations
d.      P/l reporting
·         Financial future, & swaps (definition and methodology, valuations, and p/l reporting)
·         Accounting for interest rate option (definition and methodology, valuations, and p/l reporting)
·         Taxation
3.       Lindung Nilai (Hedge Accounting)
·      Instrumen Derivatif (Derivatif Instrument)
·      Item yang Dilindung Nilai (Hedged Item)
4.       Unsur-unsur Aktivitas Hedging
5.       Akuntansi Lindung Nilai
·      Lindung Nilai atas Nilai Wajar
·      Lindung Nilai atas Arus Kas
·      Lindung Nilai atas Investasi Neto pada Operasi Asing
6.       Objective Of Hedging & Hedge Accounting
7.       Hedge Accounting Rules
8.       Hedge Effectiveness
9.       Penghentian Akuntansi Lindung Nilai
10.   Accounting procedures

Peserta
Staff / officer accounting, Cost Controller, Finance Controller, dan Accounting Managers yang ingin melengkapi pengetahuannya tentang akuntansi derivative dan instrument keuangan lainnya.

INSTRUKTUR
Herbert Sitorus, SE Akt
Beliau menguasai bidang bidang antara lain  Aktivitas Treasury dan Market Risk Management (Basel I dan II), Aktivitas Perkreditan dan Credit Risk Management (Basel II),  Risk Concept & Risk Management Framework (Entreprises Risk Management), Operasional Risk Management (Basel II), Risk Based Supervision and Risk Based Audit, Treasury and Derivative Product, serta Akuntansi Perbankan dan PSAK 50 -55.
Pengalaman berkarir 20 tahun terakhir antara lain sebagai Senior Auditor pada Arthur Andersen – Prasetio Utomo & Co (Kantor Akuntan Publik), Pengawas bank pada Urusan Pengawasan Bank 1 – Bank Indonesia, TP3L (Tim pelaksana Penyelesaian Likuidasi Perbankan), Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN),  Pemeriksa Bank pada Direktorat Pemeriksaan Bank 2 – Bank Indonesia (credit Risk, Market Risk dan Operational Risk), Kelompok Pemeriksa Spesialis Market Risk Management (Validation) – Direktorat Pengawasan Bank 2, saat ini diperbantukan Pada Direktorat Pengaturan dan Pengembangan Perbankan dalam Tim Inisiatif Penyempurnaan Risk Based Audit dan CAMELS Rating.

METODE
Presentasi, Diskusi, Simulasi, Studi kasus, Evaluasi

FASILITAS
Module/Handout, Training Kit, Sertifikat, Soft Copy Materi, Coffe Break & Lunch, Souvenir