Pengembangan
Staff Bagian Umum (General Affairs)
Deskripsi
Melalui
pelatihan ini, peserta akan diberikan pengetahuan tentang tugas-tugas dari
bidang GA sehingga seorang pelaku GA pada satu area tugas sudah siap secara
wawasan pengetahuan bila ternyata harus dimutasi atau di-rolling ke area tugas
lain di bidang GA. Selain itu peserta juga akan dilengkapi dengan pengetahuan
tentang dasar-dasar kemampuan manajerial dan negosiasi yang diperlukan dalam
pengembangan kompetensi pelaku GA sehingga dapat menjalankan tugas dengan
sebaik-baiknya.
Setelah
mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu : – memahami fungsi dan peran
GA di dalam organisasi – memiliki pengetahuan lengkap untuk menyelesaikan
tugas-tugas GA – menganalisis kinerja GA dan mengoptimalkan area yang masih
perlu ditingkatkan – mengantisipasi dan menyelesaikan masalah-masalah darurat
yang mungkin terjadi
Metode
Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.
Materi
1. Tugas, fungsi dan tanggung jawab general affair
2. Aspek & ruang lingkup
pekerjaan di general affair
·
Building
Management
·
Pelaksanaan
keamanan dan ketertiban
·
Pengurusan
kendaraan perusahaan dan fasilitas pool
·
Insurance Management
·
Perizinan
dan Pengurusan Tenaga Kerja Asing
·
Outsourcing management
·
Cleaning
Service dan penanganan limbah
·
Kantin
·
Alat
Tulis Kantor
·
Insurance
Management
3. Komunikasi internal dengan
departemen di lingkungan perusahaan dan direksi
4. Komunikasi eksternal dengan
lingkungan sekitar tempat usaha (antar perusahaan yang sejenis, tetangga,
kawasan industri, aparat keamanan terdekat, RT/RW/lurah, dsb)
5. Antisipasi & penanganan
masalah di bidang general affair
6. Contoh-contoh form yang
digunakan di general affair
Peserta
·
GA
Staff
·
GA
Supervisor
·
HR
and GA Officer dan
·
General
Officer yang ingin meningkatkan kwalitas kinerjanya
Instruktur
Dr. Drs. H. Fauzan Asmara, MM