PENGETAHUAN
DAN KOMPETENSI DASAR
UNTUK
LEAD AUDITOR ISO 9001:2008
Deskripsi
Penerapan
sistem manajemen mutu sedikit banyak dapat menjawab sebagian dari tuntutan
pasar yang semakin meningkat dan tingkat persaingan yang semakin ketat. Kondisi
ini mengharuskan perusahaan untuk lebih peduli pelanggan, inovatif dalam
mendisain produk/jasa dan melayani pelanggan memiliki proses bisnis yang
efektif dan efisien, serta adaptif pada perubahan pasar dan peka terhadap harapan
para pemangku kepentingan. Untuk pelaksanaan yang efektif dan meningkat secara
berkesinambungan, diperlukan pemahaman yang baik tentang sistem manajemen mutu
ini, termasuk kegiatan audit oleh lembaga sertifikasi atau audit terhadap
para pemasoknya.
Pelatihan
Lead Auditor ISO 9001:2008 adalah pelatihan yang berlaku universal
bagi para profesi auditor sistem manajemen mutu. Kegiatan ini sebagai persiapan
untuk mendapatkan identitas pribadi (ID) sebagai Lead Auditor ISO 9001:2008
yang merupakan lisensi bagi seorang lead auditor untuk melakukan kegiatan audit
manajemen mutu secara profesional dan mandiri di berbagai institusi yang membutuhkan
sertifikasi ISO 9001:2008.
Objectives
1.
Peserta memperoleh
pemahaman yang tepat mengenai konsep dasar ISO 9001, persyaratan, ruang
lingkup dan aplikasi di lapangan
2.
Peserta memahami teknik, proses dan prinsip aspek lingkungan dan akibat
penilaian, emergency response dan kesiapan dalam rangka pemenuhan persyaratan
EMS;
3.
Peserta memahami bagaimana membuat perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan
laporan audit EMS termasuk kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis
temuan, dan membuat kesimpulan berdasarkan observasi sesuai dengan kriteria
audit.
Course Content
1. Introduction
o IRCA and
Auditor Registration Scheme
o Auditor Codes
of Conduct
2. An
Overview of Quality Management
o What is
Quality?
o Managing for
Quality
o What is
Quality Assurance?
o Evolution of
Quality Management Systems
o An overview of
the ISO 9000 series
o Background to
ISO 9001:2008
3. The
Requirements of ISO 9001 Explained
·
Introduction and scope
·
The Structure of ISO 9001
·
Quality Management System
·
An overview of ISO 9001 requirements
4.
Quality Auditing
·
What is an Audit and why are Audits necessary?
·
The Audit Process
·
Auditing in relation to the “Process approach”
·
ISO 19011 and auditor
competence
5. The
Assessment Process
·
An Overview
·
Initial Contact
·
Pre-Assessment Visits
·
Document Review
·
Initial Preparation
·
Development of the Assessment Schedule
·
Communication
·
Detailed Planning
·
The On-Site Assessment
·
Opening Meeting
·
Audit Conduct
·
Evaluating Results
·
Closing Meeting
·
Corrective Action
·
Formal Report
·
Follow-Up and Surveillance Visits
6. Audit
Tools & Techniques
·
Detailed Planning & Check List development
·
Searching for Evidence
·
Conducting Interview and Asking Questions
·
Auditor and Auditee Tactics
·
Recording the Results
Participants
Para wakil manajemen, manajer
Quality Assurance, para koordinator ISO dan IT, dll.
Instructor
Djamalludin
Harahap, Ir. SE, M.Si.
Instruktur memiliki kompetensi di bidang
Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan
dan Keselamatan Kerja dengan kualifikasi: IRCA Register in Quality,
Environment and Safety Management System Lead Auditor.