Home » » STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) MARKETING

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) MARKETING

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) MARKETING

 training sop marketing

 

DESKRIPSi

Dalam menjalankan proses bisnisnya, suatu perusahaan / instansi akan melibatkan seluruh fungsi yang ada. Masing-masing fungsi mempunyai peran yang sama pentingnya. Ketika peran salah satu dari fungsi tersebut tidak optimal maka akan berpengaruh juga pada fungsi lainnya. Bagaimana hubungan proses kerja antara fungsi yang satu dengan yang lain dapat digambarkan dalam suatu standar prosedur kerja yang sering disebut dengan SOP (Standard Operating Procedure).

Hampir seluruh perusahaan sangat menyadari arti pentingnya sebuah Standard Operating Procedure dalam menajalankan suluruh aktifitas bisnisnya. Demikian halnya pada fungsi marketing yang memiliki peran sangat penting sebagai ujung tombak suatu usaha. Perlunya penerapan Standard Operating Procedure pada fungsi Marketing bukan hanya sebagai alat kontrol pada aktifitas marketing secara keseluruhan, tetapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi proses bisnis perusahaan.

TUJUAN

  • Memberikan pandangan baru atau penyegaran kepada peserta mengenai konsep dan metode pengelolaan Standard Operating Procedure pada fungsi Marketing sebagai profit center
  • Meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun dan mengaplikasikan Standard Operating Procedure khususnya SOP Marketing secara efektif dan efisien sehingga mencapai tujuannya tanpa menghambat jalannya bisnis perusahaan
  • Secara keseluruhan pelatihan ini akan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan peran serta peserta dalam melihat fungsi dan peran Standard Operating Procedure Marketing secara komprehensif.
  • Meningkatkan penjualan output perusahaan

MATERI

  1. Peran Fungsi Marketing Sebagai Unit Bisnis dalam Sistem Operasi Perusahaan
  2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  3. Analisa Desain Teknis Penyusunan Sop Marketing
  4. Analisa SOP - Kebijakan Organisasi Marketing dan Kewenangan Operasinya
  5. Struktur Organisasi Fungsi Marketing Dan Job Descriptionnya
  6. Menetapkan Anggaran Marketing
  7. Analisa Beban Penjualan
  8. Strategi Pertumbuhan Pemasaran
  9. Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
  10. Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
  11. Kewenangan Penandatangan Kontrak dan Penentuan Harga Dan Lainnya
  12. Analisa SOP - Kebijakan yang Berhubungan Dengan Harga dan Produk
  13. Analisa Harga Jual
  14. Pengembangan Strategi Harga
  15. Analisa Harga Secara Umum
  16. Analisa Sop - Kebijakan Yang Berhubungan dengan Pelanggan
  17. Analisa Dan Survei Pelanggan
  18. Kebijakan Kredit Pelanggan dan Customer Mapping - Customer Rating - Credit Limit
  19. Kebijakan Pembinaan Pelanggan
  20. Analisa SOP - Kebijakan yang Berhubungan dengan Promosi dan Distribusi
  21. PenunjukanDistributor dan Agen
  22. Pemasaran Jarak Jauh
  23. Keputusan Promosi
  24. Pemanfaatan Media Online
  25. Analisa SOP - Kebijakan yang Berhubungan Dengan Sumber Daya Marketing
  26. Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran

b..Moral Dan Etika Penjualan

  1. Pelatihan Armada Penjualan
  2. Komisi-Bonus-Dan Kompensasi
  3. Integrasi Seven Habits (Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif) dalam pemberdayaan Sumber daya Marketing

Peserta

  • SOP Manager/Officer/Staff
  • Marketing Manager/Sales Manager
  • Officer IT yang terlibat dalam penyusunan SOP
  • HR Officer/Manager

 

Instruktur

Drs. H. Dwiyono Iriyanto, MM