Building Productive Teamwork

BUILDING PRODUCTIVE TEAMWORK


Deskripsi
Kompetisi bisnis dapat kita rasakan dengan berkembangnya persaingan bisnis global yang ketat dari masa ke masa, sehingga untuk tetap mempertahankan kualitas dan efesiensi perusahaan, dibutuhkan manajemen yang produktif dan efektif. Untuk menghasilkan Manajemen yang produktif, perusahaan harus meningkatkan kemampuan SDM-nya agar mampu bekerja secara team. SDM merupakan bagian terpenting dari satu organisasi, Kemampuan individu dan teamwork dari SDM memegang peranan terpenting dalam kemajuan organisasi/perusahaan. Peningkatan SDM ini berkenaan dengan perilakunya, baik secara individu maupun ketika berinteraksi di dalam team.
Tantangan terkini, menuntut suatu tim kerja dapat bekerja secara efektif (smart ways) dengan mempertimbangkan efesiensi dan mampu membangun etos kerja yang positif, dan tim yang high achiever. Bekerja sebagai team tampaknya bukan lagi sekedar pilihan, melainkan suatu keharusan yang perlu ditempuh. Keberhasilan bekerja dalam suatu tim membutuhkan suatu  pemahaman dan diikuti pelatihan untuk dapat memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim dengan maksud agar sasaran akhir perusahaan dapat dicapai.
Pelatihan ini merupakan satu pelatihan yang dimaksudkan untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan kelompok/team dari satu organisasi atau perusahaan. Pada pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan teknik dalam meningkatkan kinerja tim dan mengukurnya secara terstruktur dengan berbasis practice. Sehingga dapat membekali tim untuk dapat lebih produktif dalam meningkatkan kemampuan, mengoptimalkan kinerja dan meraih sukses.
Bertolak dari maksud tersebut, PerformaPlus sebagai perusahaan yang bergerak di bidang consultant dan training menawarkan bentuk kerjasama dengan PT................. dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta untuk menyelenggarakan Inhouse Training dengan tema: ”Building Productive Team Work”

Bentuk kegiatan
Pelatihan ini diselenggarakan secara inhouse di PT....... dengan durasi dua (2) hari (16 jam pertemuan efektif) dan diikutioleh pegawai dari internal Perusahaan.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mengerti dan memahami pentingnya sebuah team, Mengerti & memahami komponen penunjang terbangunnya sebuah Team yang tangguh, dan mampu membangun team yang tangguh.

Peserta
HRD Staff, Head Section, Supervisor & Manager, Administration & Tender Contract Staff, Head Section.

Materi
1.        Membangun tim yang ideal
2.        Structuring Effective Work Design
3.        Team Work atau Grup
a)        Apa Grup & Team Work
b)       Mengapa Perlu Team Work
c)        Konsep Sinergi
4.        Komponen Team Work
a)        Tujuan
b)       SDM
c)        Peran
d)       Strategi
e)        Taktik Operasional
f)         Pemimpin (Gaya kepemimpinan yang ideal untuk sebuah tim yang ideal)
5.        Kiat membangun Team Work
a)        Ciptakan ciri khas bersama
b)       Ciptakan atribut bersama
c)        Ciptakan tantangan bersama
d)       Ciptakan visi bagi tim yang high achiever
6.        Peran Kecerdasan Emosional dalam membangun tim kerja yang produktif
7.        Individu Dalam Tim Dan Kerja Sama.
a)     Peran individu dalam tim dan kerja sama
b)     Perilaku Individual, Orientasi Dan Pengaruhnya Terhadap Tim.
c)      Membangun Kepribadian Dan Karakter Yang Siap Untuk Melakukan Kerja Sama.
d)     kepribadian yang ideal untuk kerja tim
e)     Menjadi Bagian Dari Sistem Kerja Sama Yang Solid.
8.        Harnessing The Power of Motivation and Performance Measurement
a)     Building Team-Led Effectiveness
b)     Mengatasi factor penghambat produktifitas kerja tim
c)      Mengantisipasi factor eksternal yang menghambat kerja tim
9.        Building An Environment for Productive Communication
a)     Memahami dan membangun komunikasi yang efektif dalam tim
b)     Memahami factor penghambat komunikasi dalam tim
c)      Mengelola konflik dalam tim
d)     Mengembangkan Komunikasi dan Koordinasi menuju High Performing Team

Instruktur
Dr. Khoirudin Bashori, M.Si.