BUILDING PRODUCTIVE TEAMWORK
Deskripsi
Kompetisi bisnis dapat kita rasakan dengan
berkembangnya persaingan bisnis global yang ketat dari masa ke masa, sehingga untuk tetap mempertahankan kualitas dan efesiensi
perusahaan, dibutuhkan manajemen yang produktif
dan efektif. Untuk
menghasilkan Manajemen yang produktif, perusahaan harus meningkatkan kemampuan SDM-nya agar mampu bekerja secara team. SDM merupakan bagian terpenting
dari satu organisasi, Kemampuan individu dan teamwork dari SDM memegang peranan
terpenting dalam kemajuan organisasi/perusahaan. Peningkatan SDM
ini berkenaan dengan perilakunya, baik secara individu maupun ketika
berinteraksi di dalam team.
Tantangan terkini, menuntut suatu tim kerja dapat
bekerja secara efektif (smart ways) dengan mempertimbangkan
efesiensi dan mampu membangun etos kerja yang positif, dan tim
yang high achiever. Bekerja sebagai
team tampaknya bukan lagi sekedar pilihan, melainkan suatu keharusan yang perlu
ditempuh. Keberhasilan bekerja dalam suatu tim membutuhkan suatu pemahaman dan diikuti pelatihan untuk dapat
memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim dengan
maksud agar sasaran akhir perusahaan dapat dicapai.
Pelatihan ini merupakan satu pelatihan yang
dimaksudkan untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan kelompok/team
dari satu organisasi atau perusahaan. Pada pelatihan ini, para peserta akan
dibekali dengan teknik dalam meningkatkan kinerja tim dan mengukurnya secara
terstruktur dengan berbasis practice. Sehingga dapat membekali tim untuk dapat
lebih produktif dalam meningkatkan kemampuan, mengoptimalkan kinerja dan meraih
sukses.
Bertolak
dari maksud tersebut, PerformaPlus sebagai perusahaan yang bergerak di bidang consultant dan training
menawarkan bentuk kerjasama dengan PT................. dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta untuk menyelenggarakan
Inhouse Training dengan tema: ”Building Productive Team Work”
Bentuk kegiatan
Pelatihan ini diselenggarakan secara inhouse di PT....... dengan durasi dua (2) hari (16 jam pertemuan
efektif) dan diikutioleh pegawai dari internal
Perusahaan.
Tujuan Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta
diharapkan mengerti dan memahami pentingnya sebuah team, Mengerti & memahami
komponen penunjang terbangunnya sebuah Team yang tangguh, dan mampu membangun team
yang tangguh.
Peserta
HRD Staff, Head Section,
Supervisor & Manager, Administration & Tender Contract Staff, Head
Section.
Materi
1.
Membangun tim yang ideal
2.
Structuring Effective
Work Design
3.
Team Work atau Grup
a)
Apa Grup & Team Work
b) Mengapa Perlu Team
Work
c)
Konsep Sinergi
4.
Komponen Team Work
a)
Tujuan
b) SDM
c)
Peran
d) Strategi
e)
Taktik Operasional
f)
Pemimpin (Gaya kepemimpinan
yang ideal untuk sebuah tim yang ideal)
5.
Kiat membangun Team Work
a)
Ciptakan ciri khas bersama
b) Ciptakan
atribut bersama
c)
Ciptakan tantangan bersama
d) Ciptakan visi bagi tim yang high achiever
6.
Peran Kecerdasan Emosional dalam membangun tim kerja yang produktif
7.
Individu Dalam Tim Dan
Kerja Sama.
a) Peran individu dalam tim dan kerja sama
b) Perilaku Individual, Orientasi Dan Pengaruhnya Terhadap Tim.
c) Membangun Kepribadian Dan Karakter Yang Siap Untuk Melakukan Kerja Sama.
d) kepribadian yang ideal untuk kerja tim
e) Menjadi Bagian Dari Sistem Kerja Sama Yang Solid.
8.
Harnessing The Power of
Motivation and Performance Measurement
a) Building Team-Led Effectiveness
b) Mengatasi factor penghambat produktifitas kerja tim
c) Mengantisipasi factor eksternal yang menghambat kerja tim
9.
Building An Environment
for Productive Communication
a) Memahami dan membangun komunikasi yang efektif dalam tim
b) Memahami factor penghambat komunikasi dalam tim
c) Mengelola konflik dalam tim
d) Mengembangkan
Komunikasi dan Koordinasi menuju High Performing Team
Instruktur
Dr. Khoirudin Bashori, M.Si.