BUSINESS ANALYSIS & VALUATION



BUSINESS ANALYSIS & VALUATION

Deskrpsi
Dalam era pasar bebas dan tingkat persaingan usaha diantara perusahaan-perusahaan yang semakin ketat, mengakibatkan perusahaan dituntut untuk meningkatkatkan strategi keunggulan usahanya. Strategi ini dapat dicapai baik dengan memperbaiki kondisi internal perusahaan , yaitu dengan memperbaiki strategi pengelolaan, dengan penekanan pada market for product, focus, pangsa pasar dan laba, maupun dengan melakukan ekspansi eksternal Penilaian Bisnis (business valuation) merupakan suatu proses kegiatan yang harus dilakukan untuk sampai pada suatu pendapat atau penaksiran tentang nilai dari suatu perusahaan atau dari suatu penyertaan dalam perusahaan. Tujuan business valuation adalah untuk bermacam kepentingan dan tujuan, antara lain adalah dalam melakukan aktivitas merger dan akuisisi. Kesalahan dalam melakukan penilaian dan penentuan nilai pasar wajar dari suatu perusahaan akan menimbulkan dampak negatif bagi kedua belah pihak, baik bagi pembeli ataupun penjual.

Tujuan
Lokakarya ini akan memberikan anda pemahaman dan ketrampilan sebagai berikut:
·      Menggunakan kerangka acuan analisis laporan keuangan untuk penilaian dan analisis bisnis
·      Memanfaatkan laporan keuangan untuk analisis bisnis, keuangan, akuntansi dan analisis prospek bisnis, serta merumuskan strategi bisnis yang unggul
·      Menerapkan analisis laporan keuangan untuk analisis sekuritas, analisis kredit, memprediksi kegagalan usaha dan penggabungan usaha
·      Melakukan analisis pesaing dan merancang strategi bisnis perusahaan
·      Merumuskan kebijakan keuangan perusahaan yang optimal
·      Merumuskan pola manajemen komunikasi dengan para investor
·      Mendeteksi kecurangan dan penyelewengan terhadap keuangan perusahaan
Peserta
·      Pemimpin Bank atau Lembaga Pembiayaan
·      Pemimpin BUMN, BUMD, Badan Usaha Swasta
·      Pemimpin Perusahaan Publik
·      Pelaku pasar Modal (Underwriter, Pialang/ Investor)
·      Kepala Satuan Pemeriksaan Intern
·      Pemimpin Bagian Kredit
·      Officer / Analisis kredit
·      Corporate Secretary
Materi
1.      Penilaian Bisnis Berdasarkan Laporan Keuangan
·         Aktivitas Bisnis Ke Laporan Keuangan
·         Laporan Keuangan ke Analisis Bisnis
  1. Analisis Strategi Bisnis
·         Analisis Industri
·         Analisis Strategi Bersaing
·         Mencapai dan Mempertahankan Keunggulan Bersaing
·         Penerapan Analisis Strategi Bisnis (Studi Kasus)
  1. Alat-Alat Analisis Bisnis
·         Analisis Strategi Bersaing
·         Analisis Akuntansi
·         Analisis Keuangan
·         Analisis Prospek Bisnis
·         Analisis Penilaian Bisnis
·         Penerapan Alat-Alat Analisis Bisnis (Studi Kasus)
  1. Analisis Kredit dan Kegagalan Usaha
·      Pasca Kredit
·      Proses Analisis Kredit
·      Analisis Laporan Keuangan Untuk Analisis Kredit
·      Prediksi Kegagalan Usaha dan Kredit Yang Bermasalah
·      Analisis Kredit Bermasalah dengan Probit Logit
·      Penerapan Analisis Kredit (Studi Kasus)
  1. Analisis Prospek Bisnis
·      Teknik Peramalan Bisnis
·      Penilaian Bisnis Berdasarkan Analisis Discounted Cash Flow
·      Penilaian Bisnis Berdasarkan Analisis Discounted Abnormal Earning
·      Penilaian Bisnis Berdasarkan Price Multiples
·      Menerapkan Analisis Prospek Bisnis (Studi Kasus)
  1. Analisis Saham dan Surat Berharga
·      Efisiensi Pasar dan Penentuan Harga Surat Berharga
·      Pendekatan Pengelolaan Dana dan Analisis Surat Berharga
·      Proses Analisis Surat Berharga
·      Data Laporan Keuangan dan Harga Saham
·      Penerapan Analisis Saham


INSTRUKTUR
Dra. Titik Nurbiyati, MM