Consolidated Financial Statement


CONSOLIDATED FINANCIAL STATEMENT


Deskripsi
LaporanKeuanganKonsolidasi(Consolidated Financial Statement- CFS)telah dikenal sebagaiLaporan yang menyajikanposisikeuangandanhasiloperasiuntukindukperusahaan (entitaspengendali) dansatuataulebihanakperusahaan (entitas yang dikendalikan) seakan-akanentitas-entitas individual tersebutmerupakansatuentitasatauperusahaansatuperusahaan. Dengan kata lain, CFS merupakansuatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas tunggal.
Dalam konteks perusahaan yang berorientasi pada profit, Laporan Keuangan Konsolidasi diperlukan apabila salah satu perusahaan yang bergabung memiliki kontrol terhadap perusahaan lain, dansebaliknyalaporan keuangan konsolidasi tidak diperlukanapabilasatuperusahaantidakmemilikikontrolterhadapperusahaan lain. Artinya,  jika tidak memiliki hak kendali (control) yang lebih, maka mereka adalah badan usaha (entity) mandiri, artinya mereka masing-masing akan membuat laporan keuangan yang sendiri-sendiri dan tidak mungkin untuk digabungkan, ditambahkan atau yang sejenisnya. Jadi, tidakadamaksuduntukmembuatsebuahlaporankeuangankonsolidasi.
Pemahaman yang komprehensif mengenai Consolodated Financial Statement ini sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis terutama yang ingin mengembangkan usahanya, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan pelatihan.

Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar memahami konsep dasar CFS, metode-metodenya disertai prosedur penyusunan dan penyajiannya.

Outline
1.       Gambaran Umum Consolidated Financial Statement
2.       Konsep Dasar Consolidated Financial Statement
3.       Tujuan Laporan KeuanganKonsolidasi
4.       Manfaat Laporan Keuangan Konsiolidasi
5.       Proses dan Penyusunan laporan keuangan konsiolidasi
6.       Sifat-Sifat Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan
7.       Penyusunan Neraca Konsolidasi
8.       Mekanisme Penyertaan Saham
9.       Masalah-MasalahUmumyangDihadapidalamPenyusunanLaporanKeuanganKonsolidasi
1-    Contoh Consolidated Financial Statement di beberapa Perusahaan

PARTICIPANTS
Marketing Manager & Supervisor, Manager and supervisor in Accounting & Finance Dept.,  administration staff, or personnel who related to cost & profit in business organization.

INSTRUCTOR
Baldric Siregar, Dr. MBA., Akt .