Personal Development for Costumer Service
(KIAT JITU MEMIKAT HATI PELANGGAN…)
Meski pelayanan pelanggan itu tak
kasat mata dan seringkali sulit dipahami, namun masih tetap dapat dilihat,
didengar, dan dialami. Yang penting adalah bahwa apa yang dilihat, didengar,
dan dialami oleh pelanggan. quality
customer service hanya bisa dipahami dari sudut pandang pelanggan. Kita
harus meruskan pelayanan bermutu melalui mata pelanggan. Pelayanan pelanggan
yang bermutu merupakan kunci sukses dan dasar untuk membangun keberhasilan dan
keuntungan organisasi organisasi perusahaan. Yang disayangkan, sebagian besar
organisasi masa kini hanya berkonsentrasi pada sisi teknis kinerja perusahaan
dan hanya meluangkan waktu sangat minim bagi sisi manusiawi dalam bisnis.
Sayangnya tidak banyak supervisor atau pelatih yang cukup berpengalaman untuk
memberikan pelatihan mengenai pelayanan bermutu. Berinteraksi dengan pelanggan
seharusnya memang mengasikkan dan menggugah semangat. Berinterakasi dengan
pelanggan secara efektif membutuhkan berbagai prinsip, metode, serta keahlian
yang perlu dikenali, dipelajari, dan diterapkan. Gabungan antara sikap dan
keahlian akan menentukan bentuk Pelayanan pelanggan yang bermutu (quality customer service) mampu
menjadikan kita seorang pemenang.
Melalui pelatihan ini akan membantu
menangani situasi nyata dan membentuk kemampuan menjadi seorang customer
service yang mampu memberikan pelayanan yang bermutu. Pelatihan ini juga
dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan
berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil
akan menjadi pola dalam pelatihan ini.
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
- Mengerti arti quality customer service
- Menerapkan quality customer service di tempat kerja
- Mendorong peningkatan kinerja customer service di
tempat kerja
- Meningkatkan kemampuan dan skill customer service
- Mampu membangun mindset of success dalam bekerja
Materi
1. Mengambil hati pelanggan
- Bagaimana Anda memiliki hal-hal yang diperlukan untuk
mengambil hati pelanggan
- Membandingkan pelayanan pelanggan.
- Apa yang dimaksud dengan quality customer service
- Menggunakan perspektif quality customer service
2. Empat langkah quality customer
service
a Menyampaikan sikap positif
- Perhatikan penampilan Anda
- Jagalah nada bicara Anda
- Gunakan komunikasi secara efektif
- Peliharalah energi Anda
b. Mengenali kebutuhan pelanggan
- Memahami berbagai kebutuhan dasar
- Peka akan ketepatan waktu
- Selalu berada satu langkah di depan pelanggan Anda
- Tetap memperhatikan
- Praktikkan ketrampilan mendengar
- Memperoleh umpan balik
c. Memenuhi kebutuhan
pelanggan
- Menangani keluhan secara efektif
- Bawa pelanggan yang menyulitkan ke pihak Anda
- Berikan satu langkah pelayanan ekstra
d. Memastikan pelanggan
kembali lagi
e. Skala pemeriksaan mandiri
penyediaan pelayanan
Metode Pelatihan
- Pemaparan materi menggunakan modul yang
disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
- Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman,
sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
- Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory,
dan Kinestethic peserta.
- Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan
Spiritual dan Emotional.
- Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang
dapat merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.
Peserta
Mereka yang berperan sebagai front
liner perusahaan, Supervisor dan Manager Pelayanan serta mereka yang
bertugas sebagai customer service langsung
Fasilitator
Eko Supriyatno SE, MM.
Beliau adalah lulusan dari PPM
Institute dengan konsentrasi pada Manajemen. Saat ini beliau sebagai konsultan
yang bergerak dibidang jasa konsultasi manajemen. Selain itu beliau adalah
seorang instruktur/trainer/speaker pada berbagai workshop dan training di
bidang sumber daya manusia dan pemasaran. Sebelumnya, beliau telah sukses
sebagai praktisi, terbukti dari berbagai posisi yang pernah disandangnya.
Posisi Assistant Manager di PT Astra International pernah dipegangnya, serta
posisi Business Manager di PT Wicaksana Overseas International Tbk. Selain itu
beliau pernah bekerja sebagai direktur training LP3I (lembaga pendidikan
ternama). Beberapa proyek yang pernah ditanganinya adalah Penyusunan Job Description, Pengembangan
dan Desain Organisasi, strategi SDM, Pengembangan Peran Baru SDM di
berbagai perusahaan retail, Fast
Moving Consumer Good (FMCG), pelayaran dan Penerbangan. Tak diragukan
lagi bahwa beliau sangat piawai dalam mengemukakan formulasi-formulasi baru di
bidang SDM, Marketing dan Strategi yang bersifat praktis. Beberapa training
yang seringkali dibawakan adalah Negotiating
skills, Time Management, Marketing Intellegence, Effective Marketing for Your
Company, Smart Selling, Managing HR for Beginner, Recruitment Handbook
dan lain-lain. Saat ini masih aktif sebagai kolumnis Tabloid Wanita Indonesia.