Personal Development for Costumer Service



Personal Development for Costumer Service
(KIAT JITU MEMIKAT HATI PELANGGAN…)


Meski pelayanan pelanggan itu tak kasat mata dan seringkali sulit dipahami, namun masih tetap dapat dilihat, didengar, dan dialami. Yang penting adalah bahwa apa yang dilihat, didengar, dan dialami oleh pelanggan. quality customer service hanya bisa dipahami dari sudut pandang pelanggan. Kita harus meruskan pelayanan bermutu melalui mata pelanggan. Pelayanan pelanggan yang bermutu merupakan kunci sukses dan dasar untuk membangun keberhasilan dan keuntungan organisasi organisasi perusahaan. Yang disayangkan, sebagian besar organisasi masa kini hanya berkonsentrasi pada sisi teknis kinerja perusahaan dan hanya meluangkan waktu sangat minim bagi sisi manusiawi dalam bisnis. Sayangnya tidak banyak supervisor atau pelatih yang cukup berpengalaman untuk memberikan pelatihan mengenai pelayanan bermutu. Berinteraksi dengan pelanggan seharusnya memang mengasikkan dan menggugah semangat. Berinterakasi dengan pelanggan secara efektif membutuhkan berbagai prinsip, metode, serta keahlian yang perlu dikenali, dipelajari, dan diterapkan. Gabungan antara sikap dan keahlian akan menentukan bentuk Pelayanan pelanggan yang bermutu (quality customer service) mampu menjadikan kita seorang pemenang.
Melalui pelatihan ini akan membantu menangani situasi nyata dan membentuk kemampuan menjadi seorang customer service yang mampu memberikan pelayanan yang bermutu. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan
  1. Mengerti arti quality customer service
  2. Menerapkan quality customer service di tempat kerja
  3. Mendorong peningkatan kinerja customer service di tempat kerja
  4. Meningkatkan kemampuan dan skill customer service
  5. Mampu membangun mindset of success dalam bekerja

 Materi
1. Mengambil hati pelanggan
  1. Bagaimana Anda memiliki hal-hal yang diperlukan untuk mengambil hati pelanggan
  2. Membandingkan pelayanan pelanggan.
  3. Apa yang dimaksud dengan quality customer service
  4. Menggunakan perspektif quality customer service
2. Empat langkah quality customer service
a  Menyampaikan sikap positif
  • Perhatikan penampilan Anda
  • Jagalah nada bicara Anda
  • Gunakan komunikasi secara efektif
  • Peliharalah energi Anda
b. Mengenali kebutuhan pelanggan
  • Memahami berbagai kebutuhan dasar
  • Peka akan ketepatan waktu
  • Selalu berada satu langkah di depan pelanggan Anda
  • Tetap memperhatikan
  • Praktikkan ketrampilan mendengar
  • Memperoleh umpan balik
c.  Memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Menangani keluhan secara efektif
  • Bawa pelanggan yang menyulitkan ke pihak Anda
  • Berikan satu langkah pelayanan ekstra
d.  Memastikan pelanggan kembali lagi
e.  Skala pemeriksaan mandiri penyediaan pelayanan
Metode Pelatihan
  1. Pemaparan materi menggunakan  modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
  2. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
  3. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
  4. Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan Spiritual dan Emotional.
  5. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat  merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.

Peserta
Mereka yang berperan sebagai front liner perusahaan, Supervisor dan  Manager Pelayanan serta mereka yang bertugas sebagai customer service langsung
Fasilitator
Eko Supriyatno SE, MM.
Beliau adalah lulusan dari PPM Institute dengan konsentrasi pada Manajemen. Saat ini beliau sebagai konsultan yang bergerak dibidang jasa konsultasi manajemen. Selain itu beliau adalah seorang instruktur/trainer/speaker pada berbagai workshop dan training di bidang sumber daya manusia dan pemasaran. Sebelumnya, beliau telah sukses sebagai praktisi, terbukti dari berbagai posisi yang pernah disandangnya. Posisi Assistant Manager di PT Astra International pernah dipegangnya, serta posisi Business Manager di PT Wicaksana Overseas International Tbk. Selain itu beliau pernah bekerja sebagai direktur training LP3I (lembaga pendidikan ternama). Beberapa proyek yang pernah ditanganinya adalah Penyusunan Job Description, Pengembangan dan Desain Organisasi, strategi SDM, Pengembangan Peran Baru SDM di berbagai perusahaan retail, Fast Moving Consumer Good (FMCG), pelayaran dan Penerbangan. Tak diragukan lagi bahwa beliau sangat piawai dalam mengemukakan formulasi-formulasi baru di bidang SDM, Marketing dan Strategi yang bersifat praktis. Beberapa training yang seringkali dibawakan adalah Negotiating skills, Time Management, Marketing Intellegence, Effective Marketing for Your Company, Smart Selling, Managing HR for Beginner, Recruitment Handbook dan lain-lain. Saat ini masih aktif sebagai kolumnis Tabloid Wanita Indonesia.